Mudah Didapat, Coba 6 Rekomendasi Obat Jerawat Ini, Yuk

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah Didapat, Coba 6 Rekomendasi Obat Jerawat Ini, Yuk

ILUSTRASI. Anda bisa memakai obat jerawat dari bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit.


KESEHATAN - Pemilik tipe kuit apa pun bisa memiliki banyak jerawat. Selain mengganggu penampilan, jerawat bisa meningkatkan risiko infeksi kulit. Untuk menghindarinya, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami sebagai obat jerawat.

Anda tak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Sebelum itu, Anda perlu memerhatikan dulu faktor apa saja yang memicu kemunculan jerawat. Jerawat muncul akibat kontaminasi bakteri pada pori-pori yang tersumbat.

Akibatnya, pori-pori kulit meradang hingga membentuk jerawat. Nah, beberapa bahan alami di bawah ini mampu meredakan peradangan itu. Nutrisi yang ada dalam bahan alami juga mampu melawan infeksi bakteri.

Meski mudah dicoba, usahakan untuk tetap membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter, ya. Selain itu, hentikan pemakaian bahan-bahan alami ini jika muncul iritasi atau reaksi alergi yang lain:

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Madu untuk Wajah

Teh hijau

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan obat jerawat adalah teh hijau. Bukan tanpa alasan, ada banyak antioksidan yang terdapat dalam teh hijau. Kandungan itulah yang mampu membersihkan kotoran penyumbat pori-pori kulit.

Lidah buaya

Melansir Medical News Today, lidah buaya mengandung antibakteri dan antiinflamasi di mana cocok dijadikan obat jerawat paling ampuh. Tidak berhenti sampai di situ, lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mampu melembabkan kulit kering.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Aplikasikan gel lidah buaya pada bagian kulit yang berjerawat. Selain itu, memakai produk perawatan kulit yang berbahan dasar lidah buaya juga bisa Anda coba.

Madu

Madu termasuk obat jerawat.

Madu direkomendasikan Medical News Today sebagai obat penghilang jerawat selanjutnya yang layak untuk Anda gunakan. Sama seperti bahan alami yang lain, antioksidan dalam madu mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Minyak kelapa

Supaya jerawat bisa hilang, tak ada salahnya untuk mengaplikasikan minyak kelapa. Dengan pemakaian rutin, antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami itu efektif meredakan peradangan dan kulit kemerahan akibat jerawat.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Tanpa Ribet

Tea tree oil

Obat jerawat berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah tea tree oil. Antibakteri yang terkandung dalam tea tree oil bisa melawan infeksi bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pori-pori kulit yang meredakan dapat diatasi oleh antiinflamasi dalam jenis minyak tersebut.

Cuka apel

Cuka apel mampu melawan infeksi bakteri dan jamur sehingga cocok untuk mengobati jerawat. Asam laktat dalam jenis cuka itu juga efektif menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Tentu, Anda perlu mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu, apalagi jika kulit Anda sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru