Mudah! Jadi Syarat Mudik, Ini Cara Cek Lokasi Vaksin Booster Terdekat

Selasa, 29 Maret 2022 | 04:22 WIB Sumber: Kompas.com
Mudah! Jadi Syarat Mudik, Ini Cara Cek Lokasi Vaksin Booster Terdekat

ILUSTRASI. Bagi masyarakat yang ingin melaksankan vaksin booster dapat mengecek lokasi vaksin terdekat secara online. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo


VAKSIN COVID-19 - JAKARTA. Untuk Lebaran tahun ini, Presiden Joko Widodo memastikan masyarakat diperbolehkan untuk mudik. Namun, mudik lebaran hanya berlaku bagi masyarakat yang telah divaksin lengkap dan mendapat booster atau vaksinasi ketiga. 

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan," kata Jokowi dalam konferensi pers daring, Rabu (23/3/2022). 

"Dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya. 

Adapun bagi masyarakat yang ingin melaksankan vaksin booster dapat mengecek lokasi vaksin terdekat secara online. 

Cara cek lokasi vaksin booster dapat dilakukan melalui Google Maps dan situs resmi pemerintah di alamat corona.jakarta.go.id khusus untuk warga yang berdomisili DKI Jakarta. 

Baca Juga: Daftar Vaksin Booster untuk Syarat Mudik Lebaran 2022 Sangat Mudah, Ada 3 Cara

Kendati demikian, warga non-KTP Jakarta yang berdomisili di Jakarta tetap bisa mengecek dan melakukan vaksinasi lewat situs tersebut. 

Bagaimana cara cek lokasi vaksin booster terdekat? Berikut ini langkah - langkahnya. 

Cara cek lokasi vaksin booster lewat Google Maps

  • Buka Google Maps melalui situs website atau aplikasi yang sudah terinstal di ponsel. Apabila belum ada, bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store. Namun, aplikasi Google Maps biasanya sudah terpasang secara bawaan di smartphone Android. 
  • Ketikkan kata kunci “lokasi vaksin Covid terdekat” atau “lokasi vaksin terdekat dari lokasi saya” di kolom pencarian 
  • Google Maps akan secara ototmatis menampilkan beberapa pilihan lokasi vaksin Covid terdekat 
  • Terakhir, pengguna dapat memilih lokasi vaksin terdekat untuk melakukan vaksin booster 
  • Dari sini, Anda bisa menghubungi nomor lembaga atau faskes penyelenggara vaksin yang biasanya ada di deskripsi Google Maps. Jika tidak menemukannya, Anda bisa mencari akun media sosial lembaga atau faskes tersebut untuk menanyakan pendaftaran vaksin

Baca Juga: Syarat Mudik Harus Sudah Booster, Ini Daftar 6 Vaksin COVID-19 Booster di Indonesia

Cara cek vaksin booster lewat situs corona.jakarta.go.id

  • Buka situs https://corona.jakarta.go.id/  
  • Pilih menu “Vaksinasi” dan pilih opsi “Kuota Vaksinasi JAKI” 
  • Selanjutnya Anda dapat menentukan lokasi dan tanggal vaksinasi, jenis faskes, nama vaksin, wilayah, kecamatan, kelurahan, dan dosis vaksin yang dibutuhkan 
  • Setelah mengetahui informasi lokasi dan jadwal vaksinasi, Anda bisa datang langsung/on the spot untuk melakukan pendaftaran 

Melalui dua cara tersebut, masyarakat dapat mencari informasi lokasi vaksin terdekat, baik vaksin pertama, kedua, hingga ketiga atau booster. 

Selain memperbolehkan untuk melaksanakan mudik 2022 dengan syarat telah melakukan vaksinasi dosis pertama hingga booster, pemerintah juga melonggarkan masyarakat untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk Ramadhan tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cek Lokasi Vaksin Booster Terdekat Agar Bisa Mudik Lebaran"
Penulis : Soffya Ranti
Editor : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru