CLOSE [X]

Optimalkan Pencahayaan Kamar Tidur, Bikin Ruang Cerah dan Lapang!

Rabu, 27 April 2022 | 10:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Optimalkan Pencahayaan Kamar Tidur, Bikin Ruang Cerah dan Lapang!


KONTAN.CO.ID - Seperti ruangan lainnya di rumah, kenyamanan di kamar tidur merupakan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan.

Salah satu faktor yang menentukan kenyamanan Anda di kamar tidur adalah pencahayaan. Dengan pengaturan pencahayaan yang tepat, kamar tidur Anda tentu akan semakin nyaman ditinggali sehingga momen beristirahat dan tidur akan semakin maksimal.

Ingin tahu bagaimana cara mengatur pencahayaan yang optimal di kamar tidur? Simak tipsnya di bawah ini.

Pilih lampu dengan cahaya yang hangat

Mengutip laman Archify, jenis lampu yang disarankan untuk kamar tidur adalah lampu dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang dengan warna-warna hangat seperti warm white atau kuning.

Dibandingkan dengan lampu dengan warna putih yang terang, lampu yang redup dengan cahaya berwarna hangat akan membantu Anda tidur lebih nyaman, sehingga meningkatkan kualitas tidur.

Gunakan sumber pencahayaan tambahan

Anda ingin membaca atau menggunakan ponsel sebelum tidur, tapi tidak ingin menyalakan lampu yang terlalu terang? Mudah saja, cukup gunakan sumber pencahayaan tambahan di dekat tempat tidur Anda.

Melansir laman ylighting.com, pencahayaan tambahan ini tidak melulu berupa lampu meja untuk nakas, tapi juga dapat berupa lampu dinding yang dipasang di dekat tempat tidur, bahkan lampu Tumblr atau string lights yang berukuran kecil-kecil. Hal ini akan membantu Anda berfokus pada kegiatan tertentu tanpa harus menyalakan lampu kamar.

Baca Juga: Hindari Tagihan Bengkak, Ini Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya

Jika Anda merasa kamar tidur Anda kurang terang pada siang hari, coba tambahkan cermin di dekat jendela atau di belakang lampu tidur

Dikutip dari Ideal Home, hal ini dapat membantu memantulkan dan menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga memberi efek kamar tidur yang lebih cerah dan terang.

Baca Juga: Lukisan Pembawa Hoki Menurut Feng Shui, Yuk Pajang di Rumah!

Kombinasikan berbagai sumber pencahayaan

Untuk mengimbangi pencahayaan di kamar tidur, Anda dapat melakukan lighting layering atau mengombinasikan berbagai sumber pencahayaan.

Misalnya, di kamar tidur yang memiliki pencahayaan alami rendah, kombinasikan lampu plafon dengan lampu meja supaya pencahayaan di kamar tidur semakin optimal. Atau, tempatkan lampu-lampu di sudut kamar tidur yang gelap supaya kamar terasa lebih lapang dan cerah.

Itulah beberapa tips untuk mengatur pencahayaan di kamar tidur supaya kamar terasa makin nyaman. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru