Pakai bahan alami, cek 5 cara membersihkan paru-paru ini

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 15:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, cek 5 cara membersihkan paru-paru ini


KESEHATAN - Kondisi paru-paru bisa kotor karena banyak hal, misalnya asap rokok atau jenis polusi yang lain. Untuk menghindari masalah sistem pernapasan, cara membersihkan paru-paru pun perlu Anda lakukan.

Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang mudah dilakukan. Mengutip dari IT Health, kesehatan paru-paru bisa Anda jaga dengan rutin melakukan yoga.

Cobalah untuk melakukan kegiatan itu selama 30 menit per hari. Dengan begitu, kotoran penyebab masalah paru-paru bisa dibersihkan.

Selain melakukan yoga secara teratur, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba supaya kesehatan paru-paru terjaga. Misalnya, konsumsi beberapa jenis makanan.

Meski demikian, mengonsumsi jenis makanan ini hanya bersifat pelengkap, ya. Jika ada masalah terkait paru-paru Anda, usahakan untuk segera konsultasi dengan dokter.

Minum jus wortel

Minum jus wortel bisa jadi salah satu cara membersihkan paru-paru. Kandungan dalam minuman itu efektif membersihkan zat beracun dari dalam tubuh.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk rutin mengonsumsi 300 ml jus wortel di pagi hari.

Baca Juga: Penyintas Covid-19 masih mengalami batuk tak kunjung reda, ini yang harus dilakukan

Hindari konsumsi produk olahan susu

Supaya kesehatan paru-paru terjaga, tak ada salahnya untuk menghindari konsumsi produk olahan susu atau produk dairy.

Jika memang Anda terpaksa untuk mengonsumsinya, cobalah untuk meminta saran dokter agar tak ada efek samping yang perlu Anda alami.

Konsumsi jahe

IT Health merekomendasikan konsumsi jahe untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu membersihkan zat beracun sehingga penyumbatan dalam saluran pernapasan dapat teratasi dengan baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan jahe. Pertama, Anda bisa mengonsumsi jahe dalam kondisi mentah atau mengonsumsi air rebusan jahe.

Kedua, Anda bisa mandi memakai air hangat yang dicampur dengan jahe. Dengan begitu, produksi keringat meningkat sehingga zat racun pun banyak keluar.

Baca Juga: Langkah Membersihkan Rumah Usai Isoman Covid-19

Minum air lemon

Cara membersihkan paru-paru lainnya yang patut Anda coba adalah mengonsumsi air lemon. Campurkan air perasan setengah lemon pada segelas air hangat.

Usahakan untuk minum air lemon di pagi hari sebelum sarapan untuk memaksimalkan efeknya.

Konsumsi jus nanas

Rutin mengonsumsi nanas termasuk salah satu cara membersihkan paru-paru.

Kesehatan paru-paru juga bisa terjaga saat Anda mengonsumsi jus nanas secara teratur. Bukan tanpa alasan, antioksidan dalam jus nanas efektif menjaga kebersihkan paru-paru.

Tak berhenti sampai di situ, mengonsumsi 400 ml jus nanas tiap sebelum tidur bisa melawan infeksi bakteri penyebab penyakit.

Selanjutnya: Penderita Penyakit Liver Wajib Mengonsumsi 5 Makanan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru