Pakai bahan alami, coba 6 cara menghilangkan tahi lalat ini, yuk

Selasa, 30 November 2021 | 07:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, coba 6 cara menghilangkan tahi lalat ini, yuk

ILUSTRASI. Kentang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahi lalat sebenarnya bukan suatu hal yang menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, kemunculannya bisa mengganggu penampilan, apalagi jika muncul di bagian tubuh yang mudah terlihat. Untuk mengatasinya, cara menghilangkan tahi lalat di artikel ini bisa Anda coba.

Pertama adalah berkonsultasi dengan dokter. Setelah melalui beberapa jenis pemeriksaan, biasanya tahi lalat akan diangkat dengan cara operasi. Jika Anda mencari cara lain, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Beberapa jenis bahan alami bisa digunakan untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan tahi lalat. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati. Jika bahan alami yang Anda pakai menimbulkan reaksi alergi atau efek samping lain, segera hentikan pemakaiannya, ya.

Baking Soda dan Minyak Jarak

Tahi lalat juga bisa dihilangkan dengan baking soda dan minyak jarak. Caranya, campur 1 sdm baking soda dengan 2 sdm minyak jarak. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada tahi lalat lalu diamkan selama beberapa jam. Selanjutnya, bilas dengan air.

Baca Juga: Cara mengenali tanda potensi kanker dari kemunculan tahi lalat

Kentang

Kentang memang tidak bisa menghilangkan tahi lalat secara langsung. Namun, memakai bahan alami itu secara rutin akan menyamarkan tahi lalat seiring berjalannya waktu. Manfaat kentang itu berasal dari kandungan pencerah yang terdapat di kentang.

Tea Tree Oil

Selain bahan-bahan di atas, tea tree oil pun bisa dipakai untuk menghilangkan tahi lalat. India.com menyebutkan bahwa bahan alami itu mampu menghilangkan tahi lalat dalam kurun waktu beberapa minggu, tergantung dari ukuran tahi lalat.

Bawang Merah

Salah satu cara menghilangkan tahi lalat adalah memakai bawang merah.

Mengutip dari India.com, bawang merah bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, kupas kulit bawang merah lalu potong menjadi beberapa bagian, tumbuk, lalu ambil ekstraknya. Setelah itu, pakaikan ke tahi lalat secara teratur.

Baca Juga: Cara mengenali tanda potensi kanker dari kemunculan tahi lalat

Kulit Pisang

Gunakan kulit pisang sebagai cara menghilangkan tahi lalat.

Enzim yang terkandung dalam kulit pisang cukup efektif sebagai penghilang tahi lalat. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat kulit pisang lain yang bisa Anda dapat. Salah satunya adalah melembabkan kulit.

Bawang Putih

Tidak hanya bawang merah, cara menghilangkan tahi lalat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih. Enzim dan berbagai macam kandungan dalam bawang putih mampu memecah sel kulit sehingga tahi lalat hilang.

Caranya, tumbuk beberapa siung bawang putih sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, aplikasikan pada tahi lalat yang ingin dihilangkan lalu tutup dengan perban selama beberapa jam. Namun, pastikan bawang putih tidak mengenai kulit sekitar tahi lalat karena bisa menyebabkan iritasi.

Selanjutnya: Update kode redeem FF terbaru akhir bulan November 2021, klaim lewat reward.ff.garena

Editor: Belladina Biananda
Terbaru