Penting buat pekerja, ini cara mengatasi stres saat WFH dari dosen UGM

Senin, 26 Juli 2021 | 16:07 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting buat pekerja, ini cara mengatasi stres saat WFH dari dosen UGM

ILUSTRASI. Penting buat pekerja, ini cara mengatasi stres saat WFH dari dosen UGM. KONTAN/Muradi


TIPS & TRIK -  Stres menjadi persoalan yang sering dihadapi oleh pekerja yang menjalani Work from Home atau WFH. Agar tidak mengganggu produktivitas, ada cara-cara yang bisa mengatasi stres tersebut. 

Selama pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang memberikan kebijakan bekerja di rumah atau WFH. Kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi penularan virus Covid di sektor perkantoran. 

Terlalu lama menjalani WFH bisa memicu timbulnya rasa bosan dan stres pada pekerja. Menurut psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Sutarimah Ampuni, terdapat beragam respon yang ditunjukkan pekerja terhadap kebijakan WFH. 

Beberapa pekerja menyambut baik dan menikmati sistem bekerja dari rumah, namun sebagian lainnya justru mengalami stres saat menjalani WFH. 

Baca Juga: Anak terinfeksi Covid-19? Simak panduan isolasi mandiri anak dari pengajar Unair ini

Penyebab stres pekerja saat WFH

Stres saat WFH disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor pekerjaan itu sendiri. 

Sutarimah Ampuni, melansir situs UGM, menyampaikan terdapat pekerjaan yang sifatnya sangat fleksibel yang artinya bisa dikerjakan dari mana saja. 

Di sisi lain, ada beberapa pekerjaan yang cukup sulit atau kurang memberikan rasa nyaman maupun kepuasan jika dikerjakan dari rumah. 

Faktor ini berpotensi menimbulkan stres pada pekerja. Faktor personal juga menjadi pemicu stres pada karyawan saat WFH. 

Contoh dari faktor ini adalah kondisi keluarga yang menyebabkan WFH menjadi kurang nyaman. Anak kecil dan gangguan dari anggota keluarga dan lainnya bisa memicu munculnya stres. 

“Bisa juga ada tipe kepribadian atau karakter tertentu yang menyukai bekerja di situasi formal atau menyukai bekerja saat bersama rekan kerja secara fisik,” tambahnya. 

Selain faktor jenis pekerjaan dan personal, faktor pendukung juga bisa menimbulkan stres pada pekerja saat WFH. Contoh dari faktor ini misalnya  keterbatasan akses internet, ketersediaan tempat yang kurang memadai, keterbatasan peralatan pendukung pekerjaan dan lainnya.

“Di luar faktor-faktor tersebut, WFH memang cenderung membuat variasi aktivitas menjadi terbatas. Disamping itu, interaksi sosial berkurang, belum lagi ada stimulus-stimulus lain yang menyebabkan stres di luar WFH seperti terkait pandemi Covid-19,” jelas Sutarimah Ampuni.

Baca Juga: Pendaftaran malam ini ditutup, ini jumlah terbaru pelamar CPNS dan PPPK 2021

Cara mengatasi stres saat WFH

Agar produktivitas tetap terjaga, tentu stres saat menjalani WFH perlu diatasi. Sutarimah Ampuni memberikan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres tersebut. 

Langkah umum yang perlu dilakukan mulai dari membangun suasana yang nyaman untuk beraktivitas bekerja dari rumah. 

Kemudian pekerja perlu memperjelas batasan antar aktivitas. Contohnya adalah batasan antara bekerja dan mengurus keperluan keluarga. 

Batasan tersebut juga termasuk dengan aktivitas memanfaatkan waktu luang atau leisure. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah menetapkan waktu atau jadwal untuk bekerja. 

Jika diperlukan, lakukan komunikasi dengan keluarga terkait dengan jadwal kegiatan tersebut. 

Selanjutnya adalah tetap mengupayakan hubungan dengan lingkungan sosial. Sempatkan diri untuk saling menyapa, termasuk dengan kolega di tempat kerja. 

Sesekali coba bicarakan sesuatu di luar pekerjaan untuk mengatasi stres saat WFH. Yang tidak kalah penting adalah memberikan waktu istirahat untuk otak dan tubuh serta melakukan olahraga.

Selanjutnya: Tempat dan kegiatan ini berpotensi menyebarkan Covid-19, jangan sampai lengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru