Saran dokter untuk percepat pemulihan tubuh dan pikiran pasca sembuh dari Covid-19

Selasa, 23 Februari 2021 | 11:40 WIB Sumber: Kompas.com
Saran dokter untuk percepat pemulihan tubuh dan pikiran pasca sembuh dari Covid-19

Sejumlah orang mungkin mengalami masalah pada suara terutama usai diberi ventilasi (selang perawatan) saat dirawat. Jika suara serak atau lemah maka perhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan berbisik karena dapat membuat pita suara tegang.
  • Cobalah untuk tidak meninggikan suara atau berteriak
  • Istirahat jika kehabisan napas saat berbicara, berhenti dan duduk, sambil fokus pada pernapasan Anda
  • Cobalah bernyanyi sendiri untuk berlatih menggunakan suara
  • Gunakan cara lain untuk berkomunikasi, seperti menulis, mengirim pesan, atau menggunakan gerakan, jika sulit atau tidak nyaman saat berbicara
  • Minumlah air sepanjang hari untuk membantu menjaga suara.

3. Jika mengalami masalah saat menelan

Usai sembuh sejumlah orang bisa mengalami kesulitan dalam menelan, utamanya usai diberi ventilasi (selang pernapasan) saat dirawat. Apabila mengalami masalah tersebut maka sejumlah teknik yang bisa dilakukan:

  • Duduk dengan tegak saat makan atau minum dan jangan makan atau minum sambil berbaring
  • Tetap tegak (duduk, berdiri, berjalan) setidaknya selama 30 menit setelah makan
  • Cobalah makanan dengan konsistensi berbeda (tebal dan tipis) Konsentrasi saat makan atau minum
  • Pastikan mulut kosong sebelum menggigit atau mengunyah lagi
  • Makan makanan kecil sepanjang hari jika lelah dengan makanan normal
  • Jika batuk atau tersedak, atau sulit bernafas saat makan dan minum, istirahatlah untuk memulihkan diri.

4. Masalah pada perhatian, memori dan pikiran

Sejumlah hal berikut mungkin bisa membantu ketika mengalami permasalahan pada perhatian, memori dan pikiran pasca sembuh dari Covid-19, yakni:

  • Latihan fisik/olahraga yang dapat membantu otak pulih
  • Latihan otak, seperti hobi atau aktivitas baru, teka-teki, permainan kata dan angka, latihan memori, dan membaca dapat membantu Ingatkan diri dengan daftar, catatan, yang dapat mengingatkan tentang hal-hal yang perlu Anda lakukan
  • Bagi aktivitas menjadi langkah-langkah kecil untuk menghindari perasaan kewalahan

Editor: Adi Wikanto


Terbaru