Sebelum merawat mobil menggunakan dana THR, 6 hal harus Anda lakukan dulu

Rabu, 28 April 2021 | 22:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sebelum merawat mobil menggunakan dana THR, 6 hal harus Anda lakukan dulu

KONTAN.CO.ID - Bagi karyawan kantoran yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, sebentar lagi akan mendapat dana segar berupa tunjangan hari raya alias THR dari perusahaan tempat bekerja. 

Buat sebagian orang, mungkin akan mengalokasikan dana THR untuk merawat mobil kesayangan. 

Merawat juga tidak hanya sebatas servis mesin maupun ganti komponen, melainkan juga eksterior, seperti memoles, salon, atau mengecat ulang mobil Anda.

Memang, tidak salah memanfaatkan uang THR untuk merawat mobil kesayangan dalam waktu dekat ini. Namun, jangan terburu-buru, ada sejumlah hal yang harus dilakukan saat ingin merawat mobil menggunakan dana THR. 

Baca Juga: Inilah jadwal pencairan THR PNS pusat dan daerah 2021

6 Hal yang harus dilakukan saat ingin merawat mobil menggunakan THR

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal.co.id, berikut 6 hal yang harus dilakukan saat ingin merawat mobil menggunakan dana THR: 

1. Manfaatkan THR Anda terlebih dulu untuk bayar utang

Gunakanlah dana THR Anda terlebih dulu untuk mengamankan kondisi keuangan. Lunasilah utang-utang konsumtif berbunga besar, sebut saja seperti utang pinjaman online dan kartu kredit. 

Namun, bila utang tersebut adalah kredit mobil, lakukan peninjauan terhadap sisa tenor dan biaya penalti. 

Jika memang pembelian mobil Anda dilakukan lewat pembiayaan syariah, maka tidak akan ada denda penalti karena pelunasan dipercepat. Lain halnya dengan kredit mobil di bank atau perusahaan pembiayaan konvensional.

2. Utamakan dana darurat

Dana darurat merupakan salah satu pos wajib dalam keuangan seseorang karena akan menjadi sumber dana dalam kondisi tak terduga, seperti bencana banjir, pergantian suku cadang, atau kehilangan penghasilan.

Idealnya, dana darurat yang harus dimiliki seseorang bergantung dengan jumlah tanggungan dan risiko pekerjaan. 

Seorang lajang mungkin saja cukup dengan dana darurat sebesar 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan. Namun, mereka yang sudah berkeluarga wajib menyediakan minimal 6 kali pengeluaran bulanan.

Baca Juga: 7 Hal ini yang membuat Warren Buffett sukses jadi miliarder dan layak untuk ditiru

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru