Sejarah dan Ucapan Hari Wayang Nasional 7 November 2023 yang Bisa Diunggah di Sosmed!

Selasa, 07 November 2023 | 07:08 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah dan Ucapan Hari Wayang Nasional 7 November 2023 yang Bisa Diunggah di Sosmed!

ILUSTRASI. Ucapan Hari Wayang Nasional 2023.


HARI PENTING - Hari Wayang Nasional 2023 diperingati pada hari ini Selasa, 7 November 2023. Ucapan Hari Wayang Nasional 2023 pun bisa diunggah di media sosial untuk memeriahkan momen tersebut. 

Dirangkum dari laman Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Kemenko PMK), di dalam wayang mengandung pelajaran, fatwah, dan simbol-simbol yang menjadi nilai hidup dan moral bangsa Indonesia, terutama masyarakat Jawa.  

Sehingga pada tanggal 7 November 2013 UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan dunia tak benda. Sedangkan penetapan Hari Wayang Nasional melalui Keppres 30 Tahun 2018. 

Ucapan Hari Wayang Nasional 2023 bisa diunggah di media sosial untuk mengingatkan kita mengenai pentingnya wayang sebagai bagian budaya tak benda bangsa Indonesia. 

Lantas, seperti apa contoh ucapan Hari Wayang Nasional 2023 dan bagaimana sejarah Hari Wayang Nasional? 

Baca Juga: 26 Twibbon Hari Wayang Nasional 7 November 2023 yang Bisa Diunggah di Sosmed!

Sejarah Hari Wayang Nasional

Sejarah Hari Wayang Nasional

Sejarah Hari Wayang Nasional yang diperingati pada 7 November bertepatan dengan diakuinya wayang sebagai  Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003 oleh UNESCO.

Kemudian, pada 4 November 2008, wayang masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul The Wayang Puppet Theater

Adanya penetapan dari UNESCO tersebut membuat masyarakat mengajukan kepada Presiden Joko Widodo untuk menjadikan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. 

Baca Juga: ​Sejarah Hari Oeang Nasional 30 Oktober: Terbitnya ORI, Mata Uang Pertama Indonesia

Dari usulan masyarakat seni seluruh Indonesia akhirnya pada tanggal 11 Desember 2018, Presiden Joko Widodo telah resmi menetapkan bahwa pada tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. 

Penetapan Hari Wayang Nasional 7 November ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 pada 17 Desember 2018. 

Salah satu pertimbangannya adalah wayang telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter jati diri bangsa Indonesia.

Penetapan tersebut juga untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap wayang Indonesia.

Baca Juga: 30 Twibbon Hari Wayang Nasional 2023, Diperingati Setiap 7 November

Ucapan Hari Wayang Nasional 2023 


Ucapan Hari Wayang Nasional 2023

Dirangkum dari laman resmi berbagai instansi berikut adalah kumpulan ucapan Hari Wayang Nasional 2023:

  • Selamat Hari Wayang Nasional 2023. Nikmati ceritanya, ambil pelajarannya, lestarikan budayanya. 
  • Selamat Hari Wayang Nasional 7 November 2023! Mari lestarikan budaya wayang Indonesia. 
  • Wayang adalah salah satu pilar utama seni budaya Indonesia yang adiluhung karena mengandung pelajaran dan simbol bagi nilai hidup bangsa Indobesia. Selamat Hari Wayang Nasional 2023. 
  • Selamat Hari Wayang Nasional 2023. Sebagai warga negara Indonesia dan terutama anak-anak generasi muda, ayo kita lestarikan dan jaga budaya wayang Indonesia yang luhur.

Baca Juga: OJK Terus Tingkatkan Inklusi Keuangan di Pedesaan

  • Wayang sudah menjadi identitas bangsa yang mengandung pelajaran dan simbol bagi nilai hidup, Mari lestarikan budaya wayang Indonesia. Selamat Hari Wayang Nasional 2023. 
  • Selamat Hari Wayang Nasional. Hari Wayang Nasional menjadi momentum puncak kesadaran, persatuan, dan kecintaan masyarakat terhadap salah satu kebudayaan bangsa Indonesia.
  • Selamat Hari Wayang Nasional 2023. Semoga di Hari Wayang Nasional dapat meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap wayang Indonesia.

Baca Juga: Kembangkan Wisata, Kabupaten Kulon Progo Hadirkan Wisata Ramah Difabel

  • Selamat Hari Wayang Nasional 2023. Mari kita lestarikan budaya ragam budaya, wayang Indonesia. 
  • Selamat Hari Wayang Nasional 7 November. Saya bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang kaya akan kebudayaannya.
  • Selamat Hari Wayang Nasional 2023. Dari seni wayang mengajarkan bawaha hidup ini terdapat banyak peran yang bisa kita mainkan.
  • Semangat memperingati Hari Wayang Naisonal 2023. Ayo peringati Hari Wayang Nasional karena wayang adalah salah satu pilar utama budaya bangsa Indonesia. 

Demikian sejarah Hari Wayang Nasional dan ucapan Hari Wayang Nasional 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru