Sila Anda coba, ini 4 cara menyembuhkan anosmia dengan cepat

Jumat, 10 September 2021 | 20:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sila Anda coba, ini 4 cara menyembuhkan anosmia dengan cepat

KONTAN.CO.ID - Anosmia adalah kondisi di mana fungsi indra penciuman mengalami penurunan. Cara menyembuhkan anosmia dengan cepat pun perlu Anda praktikkan supaya tubuh kembali sehat.

Meski dikenal sebagai salah satu gejala Covid-19, anosmia juga bisa terjadi karena fungsi indra penciuman mengalami penurunan. Batuk, pilek, sinusitis, dan beberapa faktor lain bisa menyumbat saluran pernapasan.

Saat hal itu terjadi, transimisi informasi dari indra penciuman ke otak terganggu. Hal itulah yang membuat Anda kesulitan mendeteksi aroma-aroma tertentu.

Tentu saja, Anda merasa terganggu saat mengalami anosmia. Nah, beberapa bahan alami bisa Anda manfaatkan supaya kondisi itu cepat sembuh.

Namun, jika anosmia tak kunjung hilang dalam jangka waktu tertentu, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Lemon

Lemon adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak vitamin C, antioksidan, dan antimikroba yang efektif melawan infeksi.

Dengan begitu, produksi lendir berlebih yang menyumbat saluran pernapasan dapat berkurang. Akibatnya, kemampuan indra penciuman bisa kembali.

Netmeds.com merekomendasikan Anda untuk campur air perasan lemon dalam segelas air. Jangan lupa untuk menambahkan 1 sdt madu lalu aduk sampai rata. Minum air campuran itu dua kali dalam sehari supaya penyumbatan segera mereda.

Baca Juga: Ini saran dokter untuk mengatasi anosmia, ada tiga cara

Jahe

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan cara menyembuhkan anosmia dengan cepat adalah jahe. Aroma dan rasa jahe yang menyengat dapat menstimulasi indra pencecap sehingga kemampuan indra penciuman pun membaik.

Sama seperti lemon, jahe juga memiliki antimikroba dan kandungan lain yang mampu melawan infeksi. Anda hanya perlu merebus jahe selama beberapa menit lalu minum air rebusan jahe itu sampai hidung tersumbat sembuh.

Bawang putih

Mengutip dari Netmeds.com, bawang putih mengandung antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan. Antibakteri di dalamnya juga mampu mengurangi jumlah lendir yang menyumbat hidung.

Pertama, rebus empat hingga lima siung bawang putih dalam segelas air selama dua menit. Selanjutnya, tambahkan sejumput garam lalu minum air rebusan itu dua kali sehari. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya efeknya terasa lebih cepat.

Baca Juga: Mudah dicoba, cek 5 cara mengatasi hidung tersumbat ini

Daun mint

Daun mint bisa dipakai sebagai cara menyembuhkan anosmia dengan cepat.

Daun mint tak boleh ketinggalan dari daftar cara menyembuhkan anosmia dengan cepat. Alasannya karena bahan alami itu dipenuhi dengan antiinflamasi dan antimikroba.

Dengan rutin mengonsumsi daun mint, flu, batuk, dan faktor lain yang menyebabkan penyumbatan pada saluran pernapasan bisa hilang.

Anda perlu merebus 10 hingga 15 daun mint dalam segelas air terlebih dahulu. Tambahkan satu sendok madu dalam air rebusan tersebut lalu minum secara rutin. Dengan begitu, hidung tersumbat dapat teratasi dengan baik sehingga anosmia bisa sembuh.

Selanjutnya: Inilah nutrisi yang haru dikonsumi setelah terinfeksi Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru