Syarat Mudik Lebaran 2022 Terbaru Wajib RT-PCR yang Belum Vaksin Lengkap

Jumat, 22 April 2022 | 16:38 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Syarat Mudik Lebaran 2022 Terbaru Wajib RT-PCR yang Belum Vaksin Lengkap

ILUSTRASI. Ilustrasi Syarat Mudik Lebaran 2022 Terbaru Wajib RT-PCR atau Rapid Antigen yang Belum Vaksin Lengkap. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Pemerintah telah mengumumkan syarat mudik Lebaran 2022 terbaru bagi calon pemudik perjalanan dalam negeri. 

Hal tersebut tercantum dalam Surat Edaran (SE) Nomor 16 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Surat edaran itu selain digunakan sebagai panduan penerapan protokol kesehatan bagi para pelaku perjalanan dalam negeri, juga untuk menekan peningkatan penularan Covid-19 selama periode mudik Lebaran. 

Lantas, apa saja syarat mudik Lebaran 2022 terbaru? 

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan, Kemenhub Berlakukan Ganjil Genap & Satu Arah di Tol Trans Jawa

Syarat mudik Lebaran 2022 terbaru

Berikut adalah syarat mudik Lebaran 2022 terbaru:

1. Setiap pemudik wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

2. Pemudik dengan moda transportasi udara, laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia berlaku ketentuan sebagai berikut:

  • Pemudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen;
  • Pemudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan;
  • Pemudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan;
  • Pemudik dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19; atau
  • Pemudik dengan usia dibawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Itulah syarat mudik Lebaran 2022 terbaru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru