Tak perlu obat, bahan rumahan bisa untuk sembuhkan flu dan batuk

Selasa, 02 Maret 2021 | 18:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak perlu obat, bahan rumahan bisa untuk sembuhkan flu dan batuk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak gejala flu yang bisa terjadi kapan saja. Mulai dari hidung tersumbat, demam, sakit tenggorokan, hingga batuk. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu dan batuk supaya kondisi kesehatan tak semakin parah.

Sebenarnya, ada banyak pilihat obat yang dijual di apotek. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering, hal itu bisa menimbulkan efek samping pada tubuh Anda. Untuk menghindarinya, cobalah mengonsumsi bahan-bahan alami.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda gunakan sebagai obat flu. Meski demikian, jika gejala flu tak kunjung hilang dalam jangka waktu yang cukup lama, segera periksakan diri ke dokter. Dikhawatirkan kondisi itu justru jadi tanda masalah kesehatan yang lebih parah.

Susu dan Kunyit

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), ada banyak antioksidan yang bisa Anda temukan dalam kunyit. Jenis rempah itu bisa Anda kombinasikan dengan susu hangat untuk mengobati flu yang sedang Anda alami. Minum campuran itu sebelum tidur supaya kondisi tubuh kembali sehat.

Baca Juga: Asam jawa bermanfaat sebagai obat herbal untuk batuk

Jahe

Obat flu dan batuk selanjutnya yang bisa Anda coba adalah jahe. Anda hanya perlu minum air rebusan jahe secara rutin sampai gejala flu hilang. Kandungan dalam air rebusan jahe mampu mengurangi lendir yang menyumbat saluran pernapasan dan mengatasi hidung berair.

Wortel

Salah satu obat flu dan batuk adalah jus wortel.

Wortel termasuk salah satu jenis sayur yang berguna untuk mengobati flu. Kandungan dalam jenis sayur itu dapat mengurangi batuk dan gejala flu yang lain. Anda hanya perlu mengolahnya menjadi jus dan meminumnya secara rutin sampai flu hilang.

Nanas

Obat flu dan batuk selanjutnya yang bisa Anda buat sendiri di rumah adalah jus nanas. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu ke dalam segelas jus nanas hangat supaya rasanya menjadi lebih lezat.

Baca Juga: 6 Manfaat buah markisa untuk kesehatan yang jarang diketahui

Essential Oil

E Times mengatakan bahwa menggunakan essential oil bisa jadi salah satu cara efektif menyembuhkan flu dan batuk. Kandungan dalam jenis minyak itu mampu mengurangi dan memperlambat proses penyebaran virus sehingga flu bisa sembut lebih cepat.

Ada banyak pilihan essential oil yang bisa Anda coba. Mulai dari minyak kayu manis, minyak lemon, hingga minyak kayu putih. Pilih jenis minyak mana yang Anda sukai lalu gunakan bersama diffuser di rumah Anda.

Selanjutnya: Bisa jadi obat hipertensi, ini 4 manfaat bawang putih untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru