Tips cara mencegah dan menyembuhkan vertigo tanpa obat-obatan

Rabu, 31 Maret 2021 | 11:15 WIB Sumber: Kompas.com
Tips cara mencegah dan menyembuhkan vertigo tanpa obat-obatan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Bukan penyakit berat, tapi orang yang pernah terkena vertigo tahu seperti apa rasanya. Bumi seperti berputar dan bergoncang jika vertigo datang. Simak cara mencegah dan menyembuhkan vertigo tanpa perlu minum obat-obatan.

Vertigo adalah pusing yang terjadi tanpa gerakan yang menyertai. Menurut Healthline, kondisi ini disebabkan oleh indera yang menyampaikan kepada otak bahwa tubuh Anda sedang tidak seimbang.

Padahal, kenyataannya tidak. Vertigo bukanlah sebuah dignosis, melainkan gejala dari kondisi yang mendasarinya. Beberapa jenis vertigo hanya akan terjadi satu kali, sementara beberapa jenis lainnya akan terus berulang hingga ditemukan kondisi yang mendasarinya.

Salah satu jenis vertigo paling umum disebut benign positional paroxysmal vertigo (BPPV). BPPV disebabkan oleh endapan yang menumpuk di telinga bagian dalam yang menavigasi rasa keseimbangan tubuh. Kondisi lain yang bisa menyebabkan vertigo di antaranya neuritis vestibular, stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit Meniere.

Untuk mengurangi serangan, simak cara mencegah vertigo, sebagai berikut:

1. Manajemen stres

Beberapa penyebab vertigo, termasuk penyakit Meniere, dapat dipicu oleh stres. Mencoba menerapkan manajemen stres dapat mencegah dan mengurangi episode vertigo.

Cobalah berlatih meditasi dan teknik pernapasan dalam untuk memulai manajemen stres yang baik. Sering kali penyebab stres bukanlah hal yang bisa dihilangkan dari hidup, jadi cobalah menyadari stres tersebut dan mengelolanya dengan baik untuk menghindari gejala vertigo.

2. Melakukan yoga atau tai chi

Cara mencegah serangan vertigo lainnya adalah dengan melakukan yoga atau tai chi. Keduanya diyakini dapat membantu mengurangi stres sekaligus melatih fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

Cobalah pose yoga sederhana, seperti Child's Pose dan Corpse Pose, ketika Anda merasa pusing. Berhati-hatilah terhadap gerakan yang melibatkan membungkuk ke depan secara tiba-tiba, karena itu dapat membuat gejala vertigo terasa lebih kuat untuk sementara.

Baca juga: Gejala dan penyebab vertigo yang bisa Anda alami, waspada

3. Tidur cukup

Vertigo juga bisa dipicu oleh kurang tidur. Jika vertigo yang Anda rasakan adalah pertama kalinya, maka mungkin itu disebabkan oleh stres atau kurang tidur. Cobalah meluangkan waktu untuk tidur siang atau memperpanjang durasi tidur di malam hari untuk mengatasi masalah vertigo Anda.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru