Tips membersihkan hidung bayi yang aman

Rabu, 27 Januari 2021 | 17:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tips membersihkan hidung bayi yang aman

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayi memiliki ukuran rongga hidung yang lebih kecil daripada orang dewasa sehingga penyumbatan lebih sering terjadi. Cara membersihkan hidung bayi perlu dilakukan secara rutin supaya kondisi bayi tetap nyaman.

Dengan kondisi hidung yang bersih, bayi juga lebih mudah untuk beristirahat dan menyerap makanan yang dikonsumsi. Jumlah infeksi pun menurun saat kebersihan rongga hidung bayi terjaga. Ada banyak cara yang bisa Anda coba.

Mulai dari menggunakan semprotan hidung, pembersih hidung bayi, dan lain sebagainya. Namun, pastikan untuk tidak memakai dekongestan atau obat hidung tersumbat pada bayi karena bisa menyebabkan efek samping.

Semprotan Hidung

Mengutip dari Mom Junction (momjunction.com), semprotan hidung saline adalah cara membersihkan hidung bayi teraman yang bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu membaringkan bayi lalu angkat kepalanya sedikit.

Setelah itu, beri dua hingga tiga tetes semprotan hidung saline pada tiap lubang hidung bayi. Dengan begitu, penyumbatan bisa teratasi dan rongga hidung menjadi lebih lega.

Baca Juga: Bisa dari bahan alami, ini pilihan 5 obat sinusitis

Pembersih Hidung Bayi

Selain semprotan hidung, pembersih hidung bayi yang dijual di apotek juga cocok mengatasi hidung tersumbat karena lendir yang menumpuk. Untuk bayi yang berusia kurang dari tiga hingga enam bulan, gunakan larutan isotonik.

Uap Air

Cara membersihkan hidung bayi juga bisa Anda lakukan dengan uap air, lo. Caranya, tempatkan air panas dalam kamar mandi. Tutup pintu kamar mandi agar uap air terjaga. Setelah itu, tempatkan bayi di dalamnya. Dengan begitu, uap air bisa melegakan hidung tersumbat.

Saat mandi, Anda bisa membersihkan rongga hidung bayi dari kotoran yang menumpuk. Gunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat lalu usapkan di sekitar rongga hidung. Namun, pastikan untuk tidak memasukkan benda apa pun terlalu dalam pada rongga hidung karena bisa menyebabkan infeksi.

Selain itu, Anda bisa menggunakan vaporizer dan pastikan bayi minum lebih banyak air. Seiring berjalannya waktu, lendir yang membuat hidung bayi tersumbat menjadi encer dan menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Baca Juga: Inilah gejala dan cara mengatasi radang tenggorokan pada anak

Nyalakan Humidifier

Mom Junction merekomendasikan humidifier untuk dinyalakan saat hidung bayi tersumbat. Hal itu akan menurunkan risiko iritasi yang disebabkan oleh udara kering. Tak hanya itu, Anda juga bisa menempatkan kepala bayi lebih tinggi saat tidur supaya waktu istirahatnya menjadi lebih nyaman.

Selanjutnya: 4 Obat hidung tersumbat dari bahan alami yang bisa Anda jadikan opsi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru