Tips Menjaga Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran 2022

Minggu, 01 Mei 2022 | 11:28 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Menjaga Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran 2022

ILUSTRASI. Tips Menjaga Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran 2022. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


KONTAN.CO.ID -  Salah satu hal yang selalu dikhawatirkan pemudik saat pulang kampung kala Lebaran tiba adalah keamanan rumah mereka.

Rumah yang ditinggal penghuninya mudik tentu menjadi sasaran orang-orang yang berniat jahat seperti pencuri. Selain pencurian, rumah tanpa pengawasan juga rawan mengalami kebakaran karena korsleting atau kebocoran gas. 

Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Lukman Hakim, memberikan beberapa tips menjaga rumah tetap aman saat ditinggal mudik. 

“Nyalakan lampu teras dan beberapa ruang hal ini bertujuan agar rumah terlihat ada yang menghuni dan kunci pintu dan jendela dengan rapat,”jelas Lukman seperti dikutip dari situs UM Surabaya. 

Baca Juga: Tips Jitu Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran 2022, Pemudik Bisa Coba

Tips menjaga rumah tetap aman saat mudik Lebaran

Tips selanjutnya dari Lukman adalah mencabut aliran listrik, alat elektronik, dan gas, dan lain sebagainya. Langkah ini bertujuan untuk menghindari korsleting atau hubungan arus pendek, serta kebocoran gas. 

Kedua hal tersebut bisa berbahaya karena jika terjadi sesuatu hal yang salah bisa menyebabkan kebakaran. Selain alat elektronik dan gas, pemudik juga perlu mematikan saluran air dan keran. 

"Mematikan keran bertujuan untuk mengurangi anggaran biaya rumah tangga serta menghindari air yang terbuang sia-sia," jelasnya. 

Saluran air atau keran yang tidak dimatikan bisa menyebabkan kebocoran sehingga air meluap dan terbuang percuma. 

Selanjutnya adalah tidak meninggalkan barang berharga seperti uang tunai, perhiasan, sertifikat rumah, dan lain-lain. Anda bisa membawanya atau menyimpannya dalam brankas atau lemari yang memiliki kunci. 

Manfaatkan CCTV untuk menambah keamanan rumah saat mudik

Setelah memastikan gas dan listrik sudah dicabut, saluran air dimatikan, dan menyimpan barang berharga, titipkan rumah pada orang yang Anda percaya. 

Anda bisa menitipkan rumah sebelum mudik kepada tetangga atau kerabat yang dipercaya yang tidak mudik Lebaran. Hal ini bertujuan agar ada pihak lain yang mengawasi dan memantau demi menjaga keadaan rumah tetap aman. 

Jika Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, jangan lupa bersihkan area rumah. Tutup semua lubang pembuangan, buang sampah, dan bersihkan sisa-sisa makanan. 

Tips ini akan menjaga kondisi rumah tetap bersih dan terhindari dari nyamuk, tikus, dan kecoa. 

Baca Juga: Jangan Sampai Loyo, Ini Tips Jaga Tubuh Tetap Fit saat Mudik Lebaran 2022

“Bagi yang ingin bisa memantau keadaan rumah disarankan untuk memasang kamera CCTV. Anda bisa memasang CCTV di beberapa titik lokasi rumah seperti di bagian halaman, garasi, kamar tidur dan ruang tamu,” imbau Lukman. 

Tips terakhir untuk menjaga rumah tetap aman saat ditinggal mudik Lebaran 2022 adalah memberitahu RT atau RW dan petugas keamanan. 

Sebaiknya Anda melapor kepada petugas keamanan, satpam kompleks, dan tetangga saat akan pergi libur Lebaran. 

Berikan nomor handphone Anda agar petugas keamanan atau tetangga bisa menghubungi jika terjadi sesuatu pada rumah Anda. Mintalah kepada satpam atau tetangga untuk memeriksa keadaan rumah sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru