Usia 25 tahun, berikut 4 hal yang sebaiknya Anda capai

Selasa, 18 Mei 2021 | 22:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Usia 25 tahun, berikut 4 hal yang sebaiknya Anda capai

KONTAN.CO.ID - Beberapa waktu lalu Usia 25 sempat trending topic dan membuat heboh dunia maya. 

Salah satu sumbernya berasal dari sebuah konten gambar bertuliskan, "Usia 25 tahun idealnya punya apa? Punya kendaraan pribadi. Gaji minimal Rp 8 juta. Tabungan Rp 100 juta. Cicilan rumah sisa 20 persen lagi beres".

Hal-hal tersebut sebenarnya tidak bisa dijadikan standar pencapaian hidup bagi seseorang berusia 25 tahun.

Sebab, setiap orang memiliki pencapaian yang berbeda-beda. Semua orang memiliki keputusan dan masalah yang berbeda-beda.

Meski demikian, ada beberapa hal yang seharusnya sudah bisa Anda capai ketika usia menginjak 25 tahun. 

Baca Juga: Pemerintah patok defisit APBN 2023 maksimal 2,97% dari PDB, setara Rp 589,2 triliun

4 Hal yang sebaiknya dicapai saat berusia 25 tahun 

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, berikut adalah 4 hal yang sebaiknya dicapai saat seseorang berusia 25 tahun dari Perencana Keuangan sekaligus Financial Educator Lifepal Aulia Akbar, CFP®:

1. Punya dana darurat dengan jumlah sesuai

Seseorang yang telah berusia 25 tahun idealnya telah memiliki penghasilan tetap. Ada tiga hal yang harus disiapkan seseorang yang berusia 25 tahun, di antaranya menyiapkan dana darurat, mulai mempersiapkan dana hunian, dan dana pensiun.

Seseorang yang berusia 25 tahun, lajang, berpenghasilan tetap, tak memiliki utang, serta tanggungan, cukup dengan dana darurat minimal setara 3 kali pengeluaran bulanan. 

Jika seorang lajang menyimpan dana darurat dalam jumlah yang terlalu besar, maka semakin besar pula jumlah dana mengendap di rekening yang sifatnya kurang produktif. Sebaiknya, dana tersebut diinvestasikan untuk tujuan finansial ke depan.

Namun, bagi seseorang berusia 25 tahun yang sudah berumahtangga dan berstatus pencari nafkah idealnya memiliki dana darurat dengan jumlah minimal 6 kali pengeluaran bulanan. 

Sebab, banyak pengeluaran tak terduga yang mungkin saja muncul di kemudian hari. 

Baca Juga: BEI suspensi saham Sritex (SRIL) usai penundaan pembayaran MTN

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru