5 Makanan Pencegah Katarak, Nomer 5 Tak Disangka!

Senin, 25 April 2022 | 11:30 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Makanan Pencegah Katarak, Nomer 5 Tak Disangka!


KESEHATAN - Katarak adalah penyebab utama kebutaan pada kebanyakan orang. Seringkali, katarak tidak mengganggu penglihatan sejak dini karena perkembangannya yang lambat.

Katarak terjadi ketika lensa mata menjadi kabur. Menurut penelitian, katarak disebabkan oleh oksidasi radikal bebas yang merusak protein dan enzim di lensa mata.  

Hasil penelitian yang dilakukan pada 2008 menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya antioksidan dapat mengurangi peluang terkena katarak sebesar 18%.  

Baca Juga: Konsumsi 4 Superfood Ini agar Kulit Tetap Cerah dan Tampak Awet Muda

Dilansir dari Healthline dan Web MD, berikut ini adalah beberapa makanan pencegah penyakit katarak, antara lain:  

1. Teh Hijau

Makanan pencegah penyakit katarak yang pertama adalah teh hijau dan bisa dikonsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Mengonsumsi teh hijau 3-4 kali sehari dapat memberikan tubuh antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan mata secara umum dan menurunkan risiko masalah terkait penglihatan.  

2. Wortel dan buah-buahan

Makanan pencegah penyakit katarak yang kedua adalah wortel dan buah-buahan dan bisa dikonsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Wortel dan buah-buahan serta sayuran berwarna oranye lainnya mengandung beta-karoten yang membantu retina dan bagian mata lainnya berfungsi dengan baik.  

3. Alpukat

Makanan pencegah penyakit katarak yang selanjutnya adalah alpukat. Alpukat sarat dengan karoten dan nutrisi yang bermanfaat bagi mata seperti beta-karoten dan vitamin B6, C, dan E.  

4. Sayuran hijau

Makanan pencegah penyakit katarak yang keempat adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti kangkung, lobak, bayam kaya akan karotenoid lutein.  

Sementara itu, paprika merah juga memberi mata vitamin C yang dibutuhkannya yang mengurangi risiko kondisi katarak.  

Baca Juga: Perhatikan Tanda-Tanda Asma Kambuh Saat Berpuasa

5. Jus gandum

Makanan pencegah penyakit katarak yang terakhir adalah jus gandum. Jus gandum dapat membantu menghilangkan kabut dari mata dan meningkatkan penglihatan.  

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaatnya. 

Namun jika Anda sudah merasakan hal yang tidak biasa pada mata, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru