5 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata, Jangan Disepelekan!

Minggu, 08 Mei 2022 | 12:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata, Jangan Disepelekan!


KESEHATAN - Banyak orang yang percaya bahwa penglihatan yang buruk disebabkan oleh penuaan. Padahal, jika menerapkan pola hidup sehat dapat mengurangi risikonya.

Kandungan nutrisi seperti seng, tembaga, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten, dapat mengurangi risiko gangguan mata sebesar 25 persen, dilansir dari Mayo Clinic. 

Makanan sehat harus terdiri dari protein, produk susu, buah-buahan, dan sayuran. Anda disarankan untuk menggabungkan banyak jenis makanan dengan berbagai macam warna.   

Selain itu, Anda juga harus membatasi konsumsi makanan tidak sehat yang diproses, mengandung lemak jenuh, serta kaya kandungan gula.   

Baca Juga: Inilah Manfaat Rutin Mengonsumsi Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Health Education, inilah lima makanan yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata, antara lain:    

1. Ikan

Makanan yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata pertama adalah ikan. Ikan yang paling direkomendasikan adalah salmon karena kaya asam lemak omega-3 atau lemak sehat.   

Nutrisi tersebut berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina pada bagian belakang mata serta mencegah mata kering.   

Pastikan untuk mengonsumsi ikan beberapa kali dalam satu minggu agar mata tetap sehat.   

2. Kale

Makanan yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata kedua adalah kale. Sayuran ini sangat menyehatkan untuk dikonsumsi dan juga bermanfaat bagi kesehatan mata adalah kale.   

Kale ini mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral yang penting untuk tubuh. Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan pada beberapa makanan sebelumnya.   

Editor: Helvana Yulian

Terbaru