6 Cara Menghilangkan Ketombe Ini Memakai Bahan Alami

Senin, 31 Januari 2022 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara Menghilangkan Ketombe Ini Memakai Bahan Alami

ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan bahan alami sebagai cara menghilangkan ketombe.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketombe memang masalah rambut yang umum terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa membiarkannya, ya. Cara menghilangkan ketombe tetap perlu Anda coba supaya kesehatan kulit kepala tetap terjaga.

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), ketombe muncul karena infeksi jamur bernama Malassezia. Jika terus dibiarkan, infeksi jamur itu bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sensitif. Untuk mengatasi hal itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami.

Tidak hanya menghilangkan ketombe, nutrisi yang terdapat dalam bahan alami mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Dengan begitu, rambut yang tumbuh menjadi lebih kuat dan berkilau. Supaya efek itu bisa terasa, Anda perlu menggunakan bahan alami secara rutin.

Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan lidah buaya. Bahan alami itu mengandung antijamur dan antibakteri dan bisa membersihkan sel kulit mati di kulit kepala. Cara yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaplikasikan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara langsung.

Baca Juga: Gampang Dicoba, Ini 5 Cara Menghilangkan Ketombe Anda

Tea Tree Oil

Selain cocok digunakan sebagai obat jerawat, tea tree oil juga bisa jadi penghilang ketombe, lho. Alasannya karena jenis minyak itu memiliki banyak antiinflamasi dan antimikroba. Jangan lupa untuk mencampur tea tree oil dengan air terlebih dahulu, ya. Terlebih bagi Anda pemilik kulit sensitif.

Baking Soda

Tahukah Anda bahwa baking soda bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe? Baking soda mampu membersihkan sel kulit mati yang menumpuk tanpa memperparah iritasi pada kulit kepala. Tidak berhenti sampai di situ, baking soda juga mengandung antijamur.

Artinya, rasa gatal dan kulit kepala yang kemerahan akibat ketombe bisa berkurang. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mencampur baking soda pada sampo yang biasa Anda pakai untuk membersihkan rambut.

Bawang Putih

Gunakan bawang putih sebagai cara menghilangkan ketombe.

Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe, lo. Sama seperti baking soda, bawang putih memiliki antijamur yang efektif membasmi ketombe. Anda tidak perlu khawatir akan aroma menyengat yang keluar dari bawang putih karena masalah itu bisa tertangani dengan mudah.

Pertama, tumbuk satu hingga dua siung bawang putih lalu campur dengan air. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit madu atau jahe supaya aroma bawang putih bisa hilang. Selanjutnya, gunakan campuran itu pada kulit kepala dan rambut.

Baca Juga: ​6 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami yang Bisa Dicoba

Minyak Kelapa

Antimikroba yang terkandung dalam minyak kelapa efektif mencegah infeksi jamur penyebab ketombe. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di seluruh kulit kepala dan rambut. Diamkan dulu selama 60 menit kemudian bilas memakai sampo yang biasa Anda pakai.

Cuka

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan NDTV Food untuk menghilangkan ketombe adalah cuka. Cuka efektif membunuh bakteri penyebab ketombe, mengatasi kulit kepala yang kering, dan mengurangi rasa gatal.

Anda perlu mencampur cuka dan air dengan perbandingan yang sama terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan kulit kepala selama setengah jam. Kemudian, cuci rambut dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru