6 Obat Jerawat Berbahan Alami yang Mudah Dicari, Catat!

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:52 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Obat Jerawat Berbahan Alami yang Mudah Dicari, Catat!

ILUSTRASI. Madu adalah salah satu bahan alami yang dapat dijadikan obat jerawat.


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara yang relatif ampuh untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan obat jerawat berbahan dasar alami.

Selain bisa mengobati jerawat, bahan alami obat jerawat juga mudah untuk dicari serta baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Meski obat jerawat berbahan alami, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter agak manfaat yang didapatkan bisa lebih maksimal dan bisa menghindari efek samping. 

Sebelum itu, jerawat muncul disebabkan oleh bakteri atau kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga terjadi pembengkakkan yang disebut jerawat. 

Jika tidak segera diatasi jerawat akan berdampak kepada kesehatan kulit wajah lainnya. Selain itu, jerawat juga sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri turun. 

Baca Juga: Jadwal Piala Presiden 2022 Rabu 22 Juni: Ada RANS Nusantara vs Persija Jakarta

Melansir dari Medical News Today, berikut ada rekomendasi obat jerawat alami yang bisa Anda coba dan mudah untuk didapatkan:

Madu 

Madu adalah bahan pemanis alami yang berasal dari lebah dan mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya, bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami. 

Kandungan antioksidan dalam madu bisa membersihkan kotoran di pori-pori yang menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Lidah buaya 

Selain baik untuk kesehatan kulit kepala, ekstrak lidah buaya juga bisa dijadikan obat jerawat alami, lo. Kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan air yang tinggi mampu membuat kulit wajah menjadi lebih lembap. 

Tidak hera, ekstrak lidah buaya kerap dijadikan sebagai salah satu bahan skincare untuk perawatan kulit. 

Baca Juga: 5 Pelembap Kulit Berbahan Alami yang Perlu Anda Ketahui, Mau Coba?

Minyak kelapa 

Minyak kelapa juga bisa menjadi alternatif yang bisa dijadikan obat jerawat alami. Pasalnya, minyak kelapa juga mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan dan kulit merah akibat jerawat. 

Namun, setelah menggunakan minyak kelapa, penting untuk segera membersihkan kembali muka agar tidak menjadi kotoran yang menyumbat pori-pori. 

Teh hijau 

Anda juga bisa memanfaaatkan kandungan antioksdan dalam teh hijau sebagai obat jerawat. Sama seperti madu, kandungan antioksidsn dalam teh hijau juga mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori di wajah. 

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Coba Lakukan 7 Hal Ini

Cuka apel 

Obat jerawat alami yang lainnya adalah cuka apel. Cuka apel dipercaya dapat membantu meredakan infeksi akibat jerawat. Selain itu, asam laktat dalam cuka apel juga mampu menyamarkan bekas jerawat di wajah. 

Tea tree oil

Selanjutnya tea tree oil, kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami ini bisa dijadikan obat jerawat. Kedua kandungan tersebut mampu meredakan infeksi dan membersihkan pori-pori dari kotoran atau bakteri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru