7 Langkah untuk menghindari Covid-19 atau penyakit lain saat naik pesawat

Kamis, 16 September 2021 | 07:27 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
7 Langkah untuk menghindari Covid-19 atau penyakit lain saat naik pesawat

ILUSTRASI. Berikut tujuh langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terinfeksi Covid-19 atau penyakit lainnya di pesawat. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perjalanan melalui udara terus mengalami peningkatan beberapa waktu terakhir. Hal ini dikarenakan, sejumlah negara telah membuka kembali sektor pariwisata mereka. 

Jika Anda mempertimbangkan untuk bepergian ke luar negeri, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS merekomendasikan agar Anda mendapatkan vaksinasi lengkap sehingga cenderung tidak tertular dan menyebarkan virus corona. 

Kendati begitu, setelah divaksinasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda agar tetap sehat saat dalam perjalanan.

Berikut tujuh langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terinfeksi Covid-19 atau penyakit lainnya di pesawat seperti yang dikutip dari Nerdwallet.com:

Cara mencegah sakit di pesawat

1. Cuci tangan dan gunakan pembersih tangan dengan alkohol 60% atau lebih

Cuci tangan Anda dengan sabun dan air jika memungkinkan, karena itu lebih efektif membunuh kuman tertentu daripada pembersih tangan. 

CDC menyarankan bahwa jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%-95% lebih efektif mencegah Anda dari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain.

Pembersih tangan tersedia dalam ukuran kecil, dan Anda sekarang diperbolehkan membawa  sebotol cairan pembersih 12 ons di bagasi jinjing. Anda juga bisa membawa tisu pembersih di dalam tas Anda.

Baca Juga: Tak hanya menyehatkan, olahraga ini efektif menurunkan berat badan

2. Bersihkan kursi pesawat dengan tisu pembersih

Karena penyebaran Covid-19, maskapai terkadang memberikan tisu desinfektan berbasis alkohol kepada penumpang saat mereka naik. Gunakan tisu ini (atau bawa sendiri) untuk membersihkan kursi, sandaran kepala, sandaran tangan, meja baki, layar hiburan, dan apa pun yang mungkin Anda sentuh saat duduk di kursi.

Jika Anda membutuhkan tisu tambahan, jangan ragu untuk meminta, karena biasanya tersedia di penerbangan.

Baca Juga: Cara daftar vaksinasi Covid-19 dari rumah ala Anies Baswedan, mudah banget!

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru