Anda cari obat panu? Manfaatkan 5 bahan alami ini, yuk

Jumat, 05 November 2021 | 14:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda cari obat panu? Manfaatkan 5 bahan alami ini, yuk

ILUSTRASI. Pakai cuka apel sebagai obat panu.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak jenis penyakit kulit yang bisa Anda alami, salah satunya adalah panu. Penyakit ini bisa muncul di bagian kulit mana pun. Tentu, obat panu perlu segera Anda gunakan supaya infeksi tak menyebabkan masalah yang lain.

Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang membuat Anda lebih berisiko mengalami penyakit panu. Melansir Pharmeasy, panu bisa terjadi karena cuaca, kebersihan diri dan lingkungan yang tak terjaga, stres, perubahan hormon, atau masalah kesehatan lainnya.

Selain menggunakan obat yang dijual di apotek, Anda masih bisa memanfaatkan bahan alami. Sebelum memakainya secara rutin, cobalah untuk mencoba bahan-bahan alami berikut ini terlebih dahulu. Hentikan pemakaian bila muncul reaksi alergi yang lebih parah.

Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang cukup efektif digunakan sebagai obat panu. Karena mengandung zat asam yang cukup tinggi, Anda perlu mencampurnya dengan air hangat sebelum mengaplikasikannya ke kulit. Apalagi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan panu

Minyak kelapa

Salah satu obat panu adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa jadi bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati panu. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa di panu sebanyak tiga kali dalam sehari. Terus lakukan langkah itu secara teratur sampai panu benar-benar sembuh.

Bawang putih

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Pharmeasy untuk menyembuhkan panu adalah bawang putih. Bukan tanpa alasan, rekomendasi itu diberikan karena adanya antimikroba dan antijamur dalam bawang putih.

Caranya, haluskan beberapa bawang putih kemudian tambahkan sedikit minyak zaitun. Setelah teraduk rata, oleskan bawang putih tersebut pada panu. Diamkan dulu selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan panu di wajah ini pakai bahan alami

Jahe

Jahe berguna sebagai obat panu.

Jahe jadi obat panu berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Cobalah untuk mengonsumsi jahe secara rutin. Gingerol yang terkandung dalam jenis rempah itu efektif menyembuhkan penyakit kulit dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Lidah buaya

Cara mengobati panu dapat Anda coba dengan memanfaatkan lidah buaya. Selain mengobati infeksi, kandungan dalam lidah buaya juga efektif mengobati masalah kulit yang lain. Lidah buaya juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cocok dijadikan pelembab kulit.

Selanjutnya: Saatnya Gali Potensi Positif Media Sosial Sebagai “Pintu Ke Mana Saja”

Editor: Belladina Biananda
Terbaru