Bisa Anda coba, berikut 4 opsi obat hidung tersumbat

Jumat, 27 Agustus 2021 | 18:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda coba, berikut 4 opsi obat hidung tersumbat


KESEHATAN - Salah satu penyebab hidung tersumbat yang paling umum adalah infeksi virus. Supaya kondisi tubuh tak memburuk, sebaiknya segera konsumsi obat hidung tersumbat, termasuk memanfaatkan bahan alami.

Supaya hidung tersumbat tak menimbulkan masalah kesehatan yang lain, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain minum air putih, cobalah untuk mengonsumsi sumber cairan yang lain, seperti teh herbal, semangka.

Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan, kelembaban dalam tubuh menjadi terjaga sehingga lendir penyebab hidung tersumbat lebih mudah keluar. Selain memperbanyak asupan cairan, jangan lupa untuk menambah waktu istirahat, ya.

Istirahat yang berkualitas mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga infeksi penyebab hidung tersumbat hilang. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara lain yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Baca Juga: 4 Cara mencegah flu di masa pandemi Covid-19, mudah dilakukan

Pakai humidifier

Menjaga kelembaban udara yang Anda hirup bisa jadi salah satu cara menyembuhkan hidung tersumbat. Nah, hal itu bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan humidifer. Tempatkan humidifier di ruangan tempat Anda melakukan aktivitas.

Minum teh herbal

Teh herbal bisa dijadikan obat hidung tersumbat, lo. Mengutip dari Healthline, kebanyakan teh herbal mengandung banyak antivirus dan antibakteri yang baik untuk mengatasi infeksi di saluran pernapasan.

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari teh hijau hingga teh hitam.

Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan sedikit madu. Minum teh tersebut secara rutin sampai hidung tersumbat dan kondisi lain sembuh.

Pakai essential oil

Tahukah Anda bahwa essential oil juga bisa digunakan sebagai obat hidung tersumbat? Caranya, campurkan essential oil pada humidifier yang Anda pakai.

Ada beragam pilihan essential oil yang dapat Anda coba. Mulai dari minyak kayu putih, cinnamon oil, atau peppermint oil.

Baca Juga: Cari obat sesak nafas? Konsumsi 5 makanan ini, yuk

Konsumsi zinc

Zinc dalam telur bisa dijadikan obat hidung tersumbat.

Supaya sistem imun lebih kuat melawan infeksi, cobalah untuk mengonsumsi zinc. Healthline mengatakan, jenis nutrisi itu mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan virus dan bakteri penyebab hidung tersumbat.

Beberapa jenis makanan bisa Anda jadikan sumber zinc. Misalnya, daging merah, kerang, telur, produk olahan susu.

Anda juga bisa mengonsumsi zinc dalam bentuk suplemen. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan, ya.

Selanjutnya: 5 Cara mengatasi hidung tersumbat, pakai teh hingga lemon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru