Bisa dicoba, 5 makanan pereda vertigo

Minggu, 15 Agustus 2021 | 12:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Bisa dicoba, 5 makanan pereda vertigo


KESEHATAN - Vertigo adalah penyakit yang membuat pengidapnya merasa pusing seolah-olah bumi sedang berputar. Pengidap vertigo juga akan mengalami mual dan muntah, serta tidak mampu berdiri atau sering terjatuh akibat masalah keseimbangan, dikutip dari Everyday Health.

Vertigo tergolong sebagai penyakit yang parah karena seringkali datang tiba-tiba. Orang usia produktif berisiko mengidap penyakit ini jika tidak menerapkan pola hidup sehat. 

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang aman untuk vertigo guna mengurangi sensasi dan dampak vertigo, serta mencegah kemunculannya. Untuk mengurangi gejala yang timbul akibat vertigo, inilah beberapa pilihan makanan untuk meredakan penyakit vertigo. 

1. Manggis

Manggis

Buah manggis mengandung vitamin A, B6, B12, dan C yang baik untuk menunjang asupan gizi para pengidap vertigo. Manfaat makanan ini bukan hanya berasal dari buahnya, tetapi juga dari kulitnya. Sebab, kulit buah manggis mengandung zat xanthone, yakni antioksidan yang berfungsi sebagai obat analgesik, sehingga mampu mengatasi vertigo.

2. Ikan Air Tawar

Ikan Gurame Acar Kuning

Makanan untuk pengidap vertigo selanjutnya adalah ikan air tawar. Perlu diketahui, jika pengidap vertigo dilarang mengonsumsi daging. Asupan protein bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan air tawar, sebab makanan ini tidak banyak mengandung garam dan dianggap bisa mengurangi gejala pusing akibat vertigo.

 Baca Juga: Rekomendasi Makanan yang Ampuh Cegah Rambut Rontok

3. Alpukat

Avocado

Buah alpukat mengandung banyak vitamin B6. Makanan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau dicampur dengan hidangan seperti salad, mi, atau dikonsumsi secara langsung.

4. Pisang

Negara Penghasil Pisang terbesar di Dunia - China

Pengidap vertigo juga disarankan untuk mengonsumsi pisang. Buah yang satu ini dianggap bisa menjadi makanan untuk pengidap vertigo karena mampu menambah energi dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat herbal vertigo yang mudah didapat

5. Bayam

Bayam

Dari kelompok sayuran, makanan untuk pengidap vertigo yang baik untuk dikonsumsi salah satunya adalah bayam. Sayuran yang satu ini mengandung vitamin B6 yang mampu membantu mengobati penyakit pusing.

Dengan menerapkan pola makan yang baik, frekuensi dan tingkat keparahan vertigo diharapkan dapat berkurang. Anda juga dianjurkan untuk senantiasa memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 

Di samping untuk memastikan bahwa konsumsi makanan tersebut aman bagi Anda, diagnosis yang akurat juga akan membantu dalam menemukan kondisi medis di balik vertigo Anda sekaligus pengobatan yang sesuai.

Selanjutnya: Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru