Cara mengatasi asam urat tanpa obat-obatan, konsumsi bahan herbal berikut

Selasa, 21 September 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengatasi asam urat tanpa obat-obatan, konsumsi bahan herbal berikut


KESEHATAN - Jakarta. Salah satu cara mengatasi kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi adalah minum obat. Selain itu, ada cara lain mengatasi asam urat tanpa obat-obatan.

Cara mengatasi asam urat tanpa obat ini bisa dilakukan dengan konsumsi sejumlah bahan herbal. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi asam urat tanpa obat, kita harus mengenali tentang penyakit asam urat.

Penyakit asam urat adalah kondisi yang ditandai dengan peradangan di bagian sendi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi. Penyakit asam urat terasa seperti osteoarthritis atau radang sendi.

Penyakit asam urat ini tidak akan terjadi jika kadar asam urat normal dalam darah normal. Berapa kadar asam urat normal?

Nilai normal asam urat pada laki-laki adalah 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan pada perempuan dan anak-anak, nilai normal asam urat dalam darah adalah 2,4 – 6,0 mg/dL dan 2,0 – 5,5 mg/dL.

Asam urat dapat menyebabkan inflamasi dan menimbulkan sensasi nyeri pada sendi jika mengkristal dan menumpuk di persendian. Bukan hanya dengan obat-obatan, cara paling efektif mengatasi penyakit yang mirip dengan osteoarthritis ini adalah menjalani gaya hidup sehat.

Rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat dapat membantu mengatasi asam urat. Kurangi atau hindari makanan yang mengandung purin, seperti seafood, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi obat-obatan herbal secara rutin juga terbukti efektif mengatasi gejala asam urat.

Berikut ini cara mengatasi asam urat tanpa obat:

1. Kunyit dan lemon

Cara pertama mengatasi asam urat tanpa obat adalah konsumsi sari kunyit dan lemon. Rutin meminum air kunyit dan lemon sebanyak dua kali sehari berpotensi menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kedua bahan ini memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan imun dan menyehatkan saluran pencernaan.

Baca juga: Inilah obat sakit gigi yang ampuh mengatasi rasa nyeri

2. Jahe

Cara kedua mengatasi asam urat tanpa obat adalah konsumsi sari jahe. Hampir semua orang tentu tahu bahwa jahe adalah jenis rempah yang sering digunakan sebagai obat tradisional.

Obat herbal ini dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk asam urat. Jahe memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan ketika serangan asam urat kambuh. Selain itu, jahe juga bisa menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Rutin mengonsumsi air jahe dipercaya bisa menurunkan asam urat. Sementara itu, untuk meredakan penyakit asam urat yang sedang kambuh, oleskan parutan jahe ke bagian yang sakit selama 15 sampai 30 menit per hari.

3. Seledri

Cara ketiga mengatasi asam urat tanpa obat adalah konsumsi sari seledri. Sejak dahulu, seledri sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pada saluran kemih. Seperti yang diketahui, kandungan asam urat berlebih akan dikeluarkan tubuh melalui ginjal.

Oleh karena itu, ginjal dan saluran kemih yang sehat dapat membuat ekskresi asam urat di dalam darah lebih optimal. Seledri pun mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, sehingga bisa meredakan radang saat terserang asam urat.

4. Ceri

Cara keempat mengatasi asam urat tanpa obat adalah konsumsi buah ceri. Studi yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa ceri bisa mencegah penyakit asam urat. Penelitian ini menganjurkan agar masyarakat rutin mengonsumsi tiga porsi ceri selama lebih dari dua hari berturut-turut.

5. Magnesium

Cara kelima mengatasi asam urat tanpa obat adalah konsumsi makanan yang mengandung magnesium. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium juga berkhasiat menurunkan dan mencegah gejala asam urat. Beberapa makanan yang mempunyai nutrisi magnesium yakni bayam, biji chia, dan kentang.

Itulah beragam cara mengatasi asam urat tanpa obat. Ingat, cara mengatasi asam urat tanpa obat ini bukanlah pedoman utama untuk mengatasi penyakit tersebut. Anda tetap harus ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis.  

(Penulis: Nadia Faradiba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Obat Herbal untuk Atasi Gejala Asam Urat",

 

Selanjutnya: Asam urat kambuh, coba minum obat herbal ini

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru