Cara mengatasi perut begah secara alami

Selasa, 31 Agustus 2021 | 05:50 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengatasi perut begah secara alami


TIPS & TRIK - Jakarta. Simak cara mengatasi perut begah yang bisa terjadi kapan saja. Cara mengatasi perut begah ini berlangsung secara alami, tanpa obat.

Dengan demikian, Anda tidak perlu panik atau takut jika ada anggota keluarga yang mengalami sakit perut akibat begah. Cara mengatasi perut begah ini bisa menjadi pertolongan pertama di ruah.

Seperti diketahui ada beragam obat sakit perut yang bisa dibeli di apotik. Termasuk sakit perut begah, juga ada obatnya. Namun, ada cara mengatasi sakit perut begah tanpa obat. Simak rinciannya. 

Perut begah adalah kondisi untuk menunjukkan perut yang rasanya sesak, penuh, kembung, dan rasanya tidak nyaman. Sebelum mengetahui cara mengatasi sakit perut begah tanpa obat, mari kita simak penyebabnya terlebih dahulu.

Melansir Healthline, ada banyak penyebab perut begah. Penyebab utama perut begah adalah penumpukan gas di perut dan gangguan pencernaan.

Beberapa penyakit juga menjadi penyebab perut begah di antaranya sindrom iritasi usus besar, radang usus, perubahan hormon selama haid, infeksi usus, penyakit asam lambung, dan beragam masalah pencernaan lainnya.

Namun, Anda tak perlu khawatir jika mengalami masalah kesehatan ini. Obat penghilang begah yang dijual bebas di apotek dan toko obat biasanya mengandung simetikon.

Selain obat, berikut beberapa cara mengatasi sakit perut begah dengan cepat:

1. Jalan kaki ringan

Cara pertama mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah jalan kaki ringan. Melansir WebMD, aktivitas fisik seperti jalan kaki ringan dapat membantu pergerakan usus untuk melepaskan kelebihan gas dari saluran pencernaan.

Saat perut begah, coba jalan kaki ringan sejenak untuk menghilangkan begah dengan cepat. Tak perlu jauh-jauh, Anda cukup jalan kaki di sekitar rumah untuk membantu mengatasi perut begah.

Baca juga: 4 Bahan ini bisa jadi obat herbal vertigo, apa saja?

2. Yoga

Cara kedua mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah melakukan yoga. Pose yoga seperti child pose, happy baby, dan gerakan squat dalam yoga dapat membantu mengatasi begah dengan cepat. Seperti jalan kaki, pose yoga di atas juga bisa menormalkan kembali posisi otot di perut sehingga tidak ada penumpukan gas berlebih di perut.

3. Pijat perut

Cara ketiga mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah pijat perut. Cara melakukan pijat perut untuk mengatasi perut begah adalah dengan menempatkan tangan di atas tulang pinggul kanan.

Setelah itu, gosok perlahan dengan gerakan melingkar ke sisi kanan tulang rusuk. Lanjutkan dengan mengurut pakai tekanan lembut di area perut bagian bawah ke atah tulang rusuk kiri. Baru, arahkan pijatan ke bawah menuju tulang pinggul kiri. Perlu diperhatikan, hentikan pijat perut jika metode ini membuat perut justru semakin sakit.

4. Mandi air hangat

Cara keempat mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membantu mengatasi begah terkait stres. Metode sederhana ini bisa membuat pikiran rileks. Dengan begitu gangguan pencernaan karena stres bisa terkontrol atau dikendalikan.

5. Cukupi kebutuhan serat

Cara kelima mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah konsumsi banyak serat. Mencukupi kebutuhan serat alami seperti makan buah, sayur, dan biji-bijian juga dapat membantu mengatasi begah.

Kurang serat bisa menyebabkan perut sembelit dan begah. Sebaliknya, konsumsi serat berlebihan juga bisa menyebabkan begah. Orang dewasa disarankan untuk makan serat 25 gram per hari untuk wanita dan 38 gram per hari untuk pria.

Baca juga: Cari obat maag? 5 Makanan ini bisa Anda jadikan pilihan

6. Jangan minum soda

Cara keenam mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah menghindari minum soda. Saat perut kembung, hindari minum soda atau segala jenis minuman berkarbonasi. Jenis minuman ini mengandung karbon dioksida yang bisa menyebabkan perut begah dan gampang sendawa.

Selain itu, kandungan gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam soda juga bisa menyebabkan perut begah. Demi menjaga kesehatan secara keseluruhan termasuk pencernaan, ganti rutinitas minum soda dengan minum air putih.

7. Makan teratur dan tidak berlebihan

Cara ketujuh mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah makan teratur dan tidak berlebihan. Banyak orang yang perutnya langsung begah setelah makan dengan porsi yang cukup banyak. Untuk menghindari gangguan pencernaan ini, coba makan teratur dengan porsi yang tidak berlebihan setiap hari.

8. Konsumsi probiotik

Cara kedelapan mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah konsumsi probiotik. Mengonsumsi asupan yang mengandung probiotik juga dapat membantu menyeimbangkan pertumbuhan bakteri penghasil gas di usus besar penyebab perut kembung. Beberapa makanan yang mengandung probiotik di antaranya yogurt, kefir, tempe, sampai kimchi.

9. Kurangi garam

Cara kesembilan mengatasi sakit perut begah tanpa obat adalah mengurangi konsumsi makanan tinggi garam. Mengurangi asupan garam dan natrium juga dapat membantu mengatasi perut begah. Kelebihan natrium dan garam menyebabkan tubuh menahan air dan memicu perasaan kembung dan begah.

Itulah beragam cara mengatasi sakit perut begah tanpa obat. Jika beragam cara mengatasi perut begah di atas sudah dicoba dan gangguan pencernaan ringan ini tak kunjung sembuh, Anda perlu bantuan dokter untuk menanggulangi masalah kesehatan ini. Dokter biasanya merekomendasikan obat dan prosedur medis untuk membantu menghilangkan sakit perut begah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Cara Mengatasi Perut Begah dengan Cepat",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

 

 

Selanjutnya: Tanpa obat, ini cara mengatasi sakit perut akibat begah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru