Cara menurunkan kolesterol secara mudah dan bebas efek samping

Senin, 10 Mei 2021 | 12:35 WIB Sumber: Kompas.com
Cara menurunkan kolesterol secara mudah dan bebas efek samping


KESEHATAN - Jakarta. kadar kolesterol tinggi menjadi ancaman banyak orang di tengah gaya hidup yang tidak sehat. Meski ada banyak cara menurunkan kolesterol, tapi pilihlah yang aman, yang tidak menimbulkan efek samping.

Beberapa obat memang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, obat untuk menurunkan kadar kolesterol biasanya menimbulkan efek samping.

Efek samping konsumsi obat untuk menurunkan kolesterol antara lain nyeri otot, kelelahan, pusing, trombosit menurun, dan masih banyak lagi. Bahkan, obat penurun kolesterol seperti statin juga bsia memicu diabetes tipe 2.

Agar tidak ada efek sampung, cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami.

Cara alami menurunkan kolesterol

Kabar baiknya, kita bisa menurunkan kolesterol secara alami tanpa menggunakan obat sekalipun. Berikut cara alami menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

1. Konsumsi suplemen minyak ikan

Cara pertama menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan konsumsi suplemen minyak ikan. Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak rantai omega 3.

Asam-asam ini dapat membantu menurunkan trigliserida, meskipun penelitian masih beragam. Mengonsumsi minyak ikan mungkin tidak langsung menurunkan LDL, tetapi memiliki manfaat lain, seperti menurunkan peradangan di tubuh Anda.

Baca juga: Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, ini minuman yang bisa menurukan kolesterol

2. Konsumsi banyak serat larut

Cara kedua menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah meningkatkan konsumsi serat laurt. Meningkatkan asupan serat larut harian Anda dapat menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Mengonsumsi suplemen psyllium dan makan oatmeal untuk sarapan adalah cara mudah untuk meningkatkan jumlah serat larut yang Anda konsumsi setiap hari. Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan serat yang lebih tinggi.

Baca juga: 5 Rekomendasi obat herbal kolesterol yang mudah didapat

Simak cara menurunkan kolesterol secara alami dan mudah di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru