Cek di dashboard.prakerja.go.id, ini tanda lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 20

Kamis, 16 September 2021 | 13:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cek di dashboard.prakerja.go.id, ini tanda lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 20

ILUSTRASI. Cara cek di dashboard.prakerja.go.id, ini tanda lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 20. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

KONTAN.CO.ID - Pendaftar program Kartu Prakerja bisa mengecek dashboard.prakerja.go.id untuk mengetahui kelulusan seleksi Kartu Prakerja. 

Peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 20 telah diumumkan pada 15 September 2021. Pada tanggal pengumuman seleksi, pendaftar harus mengecek dashboard di Prakerja.go.id secara berkala. 

Jika pendaftar lulus seleksi gelombang Kartu Prakerja, maka akan ada notifikasi di dashboard yang meminta pendaftar untuk menonton video pengenalan Program Kartu Prakerja. 

Setelah selesai, peserta Kartu Prakerja bisa melihat nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan di dashboard.prakerja.go.id

Segera beli pelatihan di salah satu dari 7 platform pelatihan mitra Prakerja. Yakni, Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Mau Belajar Apa, Kariermu, dan Sisnaker. 

Selain itu, pendaftar yang lolos seleksi gelombang Prakerja juga akan mendapatkan notifikasi kelolosan melalui SMS dan e-mail.

Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun kamu. Pendaftar juga bisa mengetahui alasannya di Riwayat Gelombang pada dashboard.prakerja.go.id

Baca Juga: Alasan mengapa PNS selalu naik Garuda saat perjalanan dinas

Cara mengikuti pelatihan Kartu Prakerja

Dikutip dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja, berikut cara mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:

  • Cek dashboard.prakerja.go.id untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah tersedia.
  • Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, atau Tokopedia.
  • Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.
  • Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.
  • Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Gunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja yang tercantum di dashboard.prakerja.go.id untuk membeli pelatihan.

Jaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja agar pendaftar dapat terus membeli pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Pastikan peserta Kartu Prakerja memilih pelatihan dengan seksama karena kesempatan untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali. 

Jika mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, peserta dapat menghubungi contact center mitra platform digital yang dipilih. 

Saat ini penyelenggara Program Kartu Prakerja sedang mengirimkan dana pelatihan ke akun peserta Prakerja yang lolos seleksi secara bertahap. Sehingga, pastikan untuk mengecek dashboard di Prakerja.go.id secara berkala.

Selanjutnya: ​Cara sambungkan e-wallet ke akun Kartu Prakerja untuk cairkan insentif

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru