Coba 4 cara menghilangkan minyak di wajah ini, yuk

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Coba 4 cara menghilangkan minyak di wajah ini, yuk

ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minyak dibutuhkan kulit wajah agar tetap lemabab. Sayangnya, sebagian orang memiliki minyak berlebih sehingga meningkatkan risiko kemunculan masalah kulit. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah itu karena ada banyak cara menghilangkan minyak di wajah.

Ada banyak faktor mengapa kulit Anda memproduksi minyak lebih banyak dari batas normal. Mulai dari perubahan hormon dalam tubuh, stres, gen, dan lain sebagainya. Hal penting yang perlu Anda lakukan untuk mengontrol banyaknya produksi minyak adalah dengan rajin mencuci wajah.

Usahakan untuk mencuci kulit wajah sebanyak dua kali dalam sehari. Pilihlah sabun cuci muka dengan bahan dasar yang tak terlalu kasar. Selain itu, memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda juga bisa Anda jadikan pilihan.

Madu

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa madu bisa dimanfaatkan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Selain menjaga kelembaban kulit secara optimal, madu mengandung antibakteri dan antiseptik yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah untuk mendapat manfaat tersebut. Caranya, aplikasikan madu pada seluruh area wajah yang telah dibersihkan. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Ini 4 moisturizer untuk kulit berminyak dari bahan alami

Lidah Buaya

Bahan alami berikutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah adalah lidah buaya. Sebelum menggunakan lidah buaya secara rutin, cobalah untuk melakukan uji coba dulu. Jika tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan alami tersebut.

Oatmeal dan Madu

Supaya produksi minyak di kulit wajah lebih terkontrol, tak ada salahnya untuk memanfaatkan oatmeal. Tidak berhenti sampai di situ, oatmeal yang dikombinasikan dengan bahan alami lain efektif membersihkan sel kulit mati sehingga risiko munculnya masalah kulit dapat Anda hindari.

Pertama, campur ½ gelas oatmeal halus dengan air panas. Jangan lupa untuk menambahkan 1 sdm madu lalu aduk hingga rata. Gosokkan campuran itu pada wajah dengan gerakan memutar selama sekitar tiga menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Masker wajah alami untuk menjaga kesehatan kulit

Tomat dan Gula

Salah satu cara menghilangkan minyak di wajah adalah dengan memanfaatkan tomat.

Jika Anda mencari bahan alami lain untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah, Healthline merekomendasikan Anda untuk memakai tomat. Asam salisilat yang terdapat dalam tomat juga efektif menyembuhkan tomat.

Caranya, campur 1 sdt gula dengan sari satu buah tomat. Aduk hingga rata lalu gosokkan campuran itu pada kulit dengan gerakan memutar. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: 5 Makanan penyebab jerawat, sebaiknya Anda hindari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru