Cocok jadi obat rambut rontok, coba 5 bahan ini yuk

Jumat, 03 Desember 2021 | 14:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cocok jadi obat rambut rontok, coba 5 bahan ini yuk

ILUSTRASI. Obat rambut rontok bisa berasal dari bahan alami.


KESEHATAN - Rambut rontok merupakan salah satu kondisi yang cukup umum terjadi. Namun, rambut rontok berlebih juga bisa jadi salah satu masalah yang perlu segera Anda atasi. Caranya adalah dengan rutin memakai obat rambut rontok.

Ada banyak faktor penyebab rambut rontok yang bisa dialami oleh seseorang. Mulai dari gen, perubahan hormon, hingga jenis obat tertentu. Stres yang sedang Anda rasakan juga berpengaruh.

Tak hanya itu, Nykaa.com mengatakan, tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, protein, atau zat besi, bisa memberikan efek yang sama. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi supaya rambut rontok bisa teratasi.

Seiring dengan mengatur sumber makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, cobalah untuk memanfaatkan beberapa bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Bahan-bahan alami berikut ini cukup mudah didapat dan tidak sulit untuk mengolahnya.

Baca Juga: Coba 6 cara cepat memanjangkan rambut di rumah ini, yuk

Bawang merah

Cara mengatasi rambut rontok pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak bawang merah pada kulit kepala selama minimal 20 menit kemudian bilas menggunakan air dan sampo yang biasa Anda pakai.

Teh hijau

Gunakan teh hijau sebagai obat rambut rontok.

Mengutip dari Nykaa.com, teh hijau tak hanya berguna untuk menurunkan berat badan Anda, tapi juga mampu mengatasi rambut rontok.

Pertama, rebus dua hingga tiga kantung teh hijau dalam dua gelas air. Gunakan air rebusan teh hijau yang sudah didinginkan pada kulit kepala dan rambut kemudian bilas dengan air.

Lidah buaya

Bahan alami selanjutnya yang cocok diolah menjadi obat rambut rontok adalah lidah buaya. Tak hanya mengatasi rambut rontok, bahan alami itu juga mampu mempercepat pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup aplikasikan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut. Setelah didiamkan selama 45 menit, bilas menggunakan air dingin. Ulangi langkah tersebut selama beberapa kali hingga rambut rontok Anda berkurang.

Baca Juga: 4 Penyebab bulu kucing rontok ini perlu Anda ketahui

Bayam

Bayam bisa dijadikan obat rambut rontok.

Rambut rontok juga bisa teratasi dengan bayam. Jenis sayur itu dipenuhi dengan banyak nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk tetap kuat. Mulai dari zat besi, vitamin A, vitamin C, magnesium, dan lain sebagainya.

Telur

Obat rambut rontok bisa Anda buat dari telur, minyak zaitun, dan madu. Kandungan fosfor dan protein dalam telur berguna untuk mengatasi rambut rontok dan membuat rambut terlihat makin lembut.

Caranya, campur satu putih telur dengan 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdt madu. Gunakan campuran itu pada rambut selama 20 menit lalu bilas dengan sampo yang biasa Anda gunakan. Lakukan cara tersebut secara rutin supaya hasil yang Anda dapat bisa lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru