Daftar sayur & buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19

Kamis, 01 Juli 2021 | 11:10 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar sayur & buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19


KESEHATAN - Jakarta. Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan cara lain mencegah Covid-19 setelah menjalankan protokol kesehatan. Salah satu cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh adalah konsumsi buah dan sayuran dengan vitamin C.

Seperti diketahui, kasus positif Covid-19 di Indonesia sedang tinggi-tingginya. Oleh karena itu, kita harus rajin konsumsi sejumlah buah dan sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Rabu (30/6) ada tambahan 21.807 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 2.178.272kasus positif Corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Corona bertambah 10.807 orang sehingga menjadi sebanyak 1.880.413 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 467 orang menjadi sebanyak 58.491 orang. Saat ini ada total 239.368 kasus aktif di Indonesia, atau bertambah 10.533 kasus.

Sistem kekebalan yang kuat membantu menjaga seseorang tetap sehat. Oleh karena itu, meningkatkan daya tahan tubuh adalah upaya terbaik menjaga sistem kekebalan di masa pandemi ini guna mencegah Covid-19.

Sistem imun terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein. Bersama-sama, mereka melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh, seperti virus, bakteri, dan benda asing yang menyebabkan infeksi atau penyakit.

Ketika sistem kekebalan bersentuhan dengan patogen, itu memicu respons imun. Sistem kekebalan melepaskan antibodi yang menempel pada antigen ke patogen dan membunuhnya.

Memasukkan buah dan sayuran tertentu ke dalam tubuh dapat memperkuat daya tahan tubuh seseorang untuk mencegah Covid-19. Berikut ini beberapa buah dan sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19, seperti dilansir dari Healthline dan Medical News Today.

Baca juga: Cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi lansia untuk mencegah Covid-19

1. Jeruk

Daftar buah pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 adalah jeruk. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan berbagai pilihan, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke makanan apa pun.

Karena tidak memproduksi atau menyimpannya, tubuh membutuhkan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan. Menurut National Institutes of Health, jumlah konsumsi vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

2. Paprika

Sayuran pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 adalah paprika. Selain jeruk, makanan lain yang mengandung vitamin C adalah paprika. Bahkan, paprika memiliki kandungan vitamin C 3 kali lebih banyak daripada jeruk.

Paprika juga kaya akan beta karoten. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sementara itu, beta karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

Simak daftar makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru