Ini 6 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Anda

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Anda

ILUSTRASI. Basil jadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.


KESEHATAN - JAKARTA. Memiliki tanaman pengusir nyamuk di tempat tinggal Anda adalah salah satu cara yang efektif. Dengan begitu, Anda dan anggota keluarga yang lain bisa terhindar dari gigitan nyamuk pembawa penyakit.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan berbagai macam produk yang dijual di pasaran untuk membasmi nyamuk. Sayangnya, penggunaan produk itu cukup berbahaya untuk anggota keluarga atau hewan peliharaan karena terbuat dari bahan kimia.

Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak tanaman yang bisa Anda pilih. Bahkan, cara merawatnya cukup sederhana. Jadi, Anda tidak akan repot saat memilikinya. Beberapa jenis tanaman yang dimaksud adalah serai, lavender, dan lain-lain.

Basil

Tahukah Anda bahwa basil bisa membasmi nyamuk yang menyerang area rumah Anda? Basil membutuhkan kondisi tanah yang lembab dan perlu diberi pupuk sekali dalam satu bulan. Jangan lupa untuk menempatkan basil di lokasi yang penuh cahaya supaya bisa tumbuh secara maksimal.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengusir Lalat yang Mudah untuk Anda Coba

Lavender

Lavender adalah tanaman pengusir nyamuk yang sudah cukup terkenal. Mengutip dari Bob Vila (bobvila.com), tanaman lavender membutuhkan tanah kering dan cahaya matahari penuh. Selain mengusir nyamuk, aroma jenis tanaman itu juga mampu membuat Anda rileks.

Peppermint

Salah satu tanaman pengusir nyamuk adalah peppermint.

Tanaman pengusir nyamuk lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah peppermint. Aroma yang keluar dari tanaman itu tidak disukai nyamuk, jadi nyamuk enggan berada di sekitar rumah Anda. Selain mengusir nyamuk, peppermint juga bisa Anda manfaatkan untuk diolah menjadi berbagai hidangan, lo.

Anda bisa mencampur peppermint pada minuman supaya terasa lebih segar atau mencampurnya pada salad. Untuk merawat peppermint, Anda perlu menyiramnya secara rutin supaya tanahnya tidak kering.

Baca Juga: 4 Cara mengusir cicak ini punya hasil efektif, lho

Marigold

Selain efektif mengusir nyamuk, marigold juga bisa memperindah tampilan rumah Anda. Umumnya, marigold memiliki bunga berwarna kuning, putih, atau emas. Cobalah untuk membiarkan tanahnya sedikit kering sebelum Anda kembali menyiramnya.

Rosemary

Rosemary memiliki aroma kuat yang tidak disukai nyamuk. Makanya, jenis tumbuhan itu cukup efektif untuk mencegah serangan nyamuk. Selain itu, rosemary juga cukup mudah untuk dirawat di rumah.

Serai

Bob Vila merekomendasikan serai untuk membasmi nyamuk yang berada di area tempat tinggal Anda. Anda perlu menjaga kelembaban tanah dan memberi pupuk pada serai setiap minggu. Sama seperti peppermint, serai juga bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan cita rasa masakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru