Inilah 4 cara mengatasi rambut rontok pakai bahan alami

Senin, 02 Agustus 2021 | 14:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 cara mengatasi rambut rontok pakai bahan alami

ILUSTRASI. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah memakai bahan alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut rontok adalah hal yang biasa terjadi. Sayangnya, ada beberapa kasus di mana rambut rontok dalam jumlah banyak. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah itu karena ada beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda coba.

Pertama, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab rambut rontok. Masalah tersebut bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon, tubuh kekurangan nutrisi tertentu, stres, atau masalah kesehatan yang lebih serius.

Selain mengatasi penyebabnya, rambut rontok juga bisa Anda atasi dengan bahan alami ini. Meski mudah digunakan, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan-bahan berikut jika tak ada reaksi alergi yang muncul.

Lidah Buaya

Femina India (femina.in) menyebutkan bahwa lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang efektif mengobati rambut rontok. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala selama 45 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Rambut Rontok Sangat Mengganggu, Coba Rawat dengan 7 Cara Ini

Santan

Bahan alami berikutnya yang cocok dipakai sebagai cara mengatasi rambut rontok adalah santan. Bukan tanpa alasan, jenis lemak yang terkandung dalam santan dapat menguatkan pertumbuhan rambut sehingga rambut rontok pun berkurang.

Yogurt dan Madu

Jika Anda mencari cara mengatasi rambut rontok, maka tak ada salahnya untuk mengkombinasikan yogurt dan madu. Pertama, campur 2 sdm yogurt dan 1 sdm madu dalam sebuah wadah. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada rambut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Ingin rambut tumbuh lebat? Coba 7 cara ini!

Bawang Merah

Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah memakai bawang merah.

Mengutip dari Femina India, rambut rontok dapat Anda atasi dengan bawang merah. Antibakteri yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mencegah infeksi pada kulit kepala. Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung banyak sulfur yang bisa melancarkan aliran darah.

Saat hal itu terjadi, rambut dapat tumbuh dengan lebih kuat. Untuk mendapat manfaat itu, Anda perlu memarut bawang merah terlebih dahulu untuk mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak bawang merah pada kulit kepala menggunakan kapas. Diamkan selama 20 menit lalu cuci rambut dengan sampo.

Selanjutnya: Rawat Rambut Rontokmu dengan 7 Cara Ini, Dijamin Ampuh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru