Kartu BPJS hilang? Begini cara mudah mengurusnya

Kamis, 02 Desember 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kartu BPJS hilang? Begini cara mudah mengurusnya

ILUSTRASI. Anda bisa mengurus kartu BPJS hilang dengan cara yang mudah. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.


BPJS KESEHATAN - Kartu BPJS Kesehatan Anda perlukan supaya bisa mengakses layanan kesehatan yang tersedia. Namun, ada potensi kartu BPJS hilang sehingga Anda kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan.

Ketika hal itu terjadi, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan supaya kartu BPJS Kesehatan bisa kembali Anda gunakan.

Anda bisa mengurus kartu BPJS Kesehatan secara online lewat handphone, atau mengurusnya secara offline dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Jika Anda ingin mengurus kartu BPJS hilang secara online, cobalah untuk mengunduh dan memasang aplikasi JKN Mobile di HP Anda terlebih dahulu. Anda bisa masuk memakai password dan e-mail atau username yang Anda punya.

Baca Juga: 3 Bahaya menyebar NIK KTP, jangan sembarangan

Baca Juga: Mudah dilakukan, begini 3 cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak

Kalau belum pernah menggunakan aplikasi tersebut, Anda perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Setelah bisa masuk ke aplikasi, silakan pergi ke menu Cetak Kartu. Nantinya, kartu BPJS Kesehatan akan dikirim ke alamat e-mail yang Anda inginkan.

Kartu BPJS hilang juga bisa Anda urus secara langsung dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan yang ada di dekat tempat tinggal Anda. Sebelum datang ke kantor itu, jangan lupa untuk mengurus surat kehilangan di kantor polisi, ya.

Setelah Anda mendapat surat kehilangan, Anda bisa pergi ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa beberapa dokumen. Mulai dari surat kehilangan, kartu keluarga, hingga KTP.

Di kantor BPJS Kesehatan, Anda bisa minta tolong ke pegawai yang bertugas untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan Anda yang baru.

Biasanya, diperlukan waktu 1x24 jam untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan yang baru. Jadi, Anda perlu kembali ke kantor tersebut keesokan harinya untuk mengambil kartu.

Tapi, kebijakan itu juga bisa berbeda-beda, tergantung dari ketersediaan kartu di kantor BPJS Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru