Komunikasi jadi salah satu kunci, berikut tips menjaga kesehatan mental selama isoman

Senin, 12 Juli 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Komunikasi jadi salah satu kunci, berikut tips menjaga kesehatan mental selama isoman


KESEHATAN MENTAL - Kesehatan mental juga penting untuk dijaga, terutama saat menjalani isolasi mandiri atau isoman. Penting menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental, agar Anda bisa cepat sembuh dan sehat kembali. 

Rasa cemas, khawatir, dan takut sering muncul kala seseorang menjalani isoman. Kondisi tersebut umum terjadi pada pasien namun tidak boleh dibiarkan begitu saja. 

Menurut psikiater dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Ronny Tri Wirasto, isoman merupakan sebuah kondisi yang menimbulkan gap atau jarak baik secara fisik, emosi, maupun finansial. 

Gap tersebut berpotensi menimbulkan berbagai persoalan. Ketakutan menghadapi penyakit, ketakutan saat isoman, serta kebosanan dan frustrasi merupakan masalah umum yang terjadi saat isoman. 

Meskipun ketakutan tersebut lumrah terjadi saat Anda menjalani isolasi mandiri, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mental. Berikut tips menjaga kesehatan mental saat isoman yang dirangkum dari laman UGM:

Baca Juga: Anak bisa dapat vaksin Covid, ini syarat & cara daftarnya buat warga Jakarta

Membatasi masuknya informasi

Untuk menjaga mental tetap sehat selama menjalani isoman, batasi informasi terkait Covid. Hindari menonton, membaca, atau mendengar berita maupun cerita tentang Covid-19 termasuk dari media sosial. 

"Pembatasan bisa berupa waktu, jumlah, topik atau sumbernya. Atur waktu dalam pembatasan ini," kata Ronny. 

Melakukan perawatan tubuh

Tubuh yang terawat dengan baik bisa menunjang kesehatan fisik dan mental Anda selama isoman. Cara merawat tubuh secara optimal adalah dengan menjaga kebersihan hingga aktivitas fisik. 

Beberapa tambahan aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan selama melakukan isoman adalah meditasi terarah, peregangan, dan bernafas dalam. 

Mengatur pola makanan yang seimbang juga penting dilakukan saat Anda terkonfirmasi Covid dan melakukan isoman. Hindari rokok serta minuman atau makanan beralkohol selama isolasi mandiri.

Baca Juga: Unair buka lagi pendaftaran jalur mandiri S1, cek syarat dan jadwalnya ini

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru