Letakkan 5 bunga pengusir nyamuk ini di sekitar rumah, yuk

Selasa, 23 November 2021 | 12:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Letakkan 5 bunga pengusir nyamuk ini di sekitar rumah, yuk

ILUSTRASI. Ada banyak jenis bunga pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di sekitar rumah.


KONTAN.CO.ID - Melindungi anggota keluarga dari gigitan nyamuk merupakan hal yang penting. Nah, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan meletakkan beberapa jenis bunga pengusir nyamuk di sekitar rumah Anda.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan berbagai macam produk yang dijual di pasaran untuk membasmi nyamuk. Sayangnya, penggunaan produk itu cukup berbahaya untuk anggota keluarga atau hewan peliharaan karena terbuat dari bahan kimia.

Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak tanaman yang bisa Anda pilih. Bahkan, cara merawatnya cukup sederhana. Jadi, Anda tidak akan repot saat memilikinya. Beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk adalah serai, lavender, dan lain-lain.

Basil

Tahukah Anda bahwa basil bisa membasmi nyamuk yang menyerang area rumah Anda?

Basil membutuhkan kondisi tanah yang lembab dan perlu diberi pupuk sekali dalam satu bulan. Jangan lupa untuk menempatkan basil di lokasi yang penuh cahaya supaya bisa tumbuh secara maksimal.

Baca Juga: 4 Tanaman pengusir nyamuk, bukan cuma lavender

Serai

Bobvila.com merekomendasikan serai untuk membasmi nyamuk yang berada di area tempat tinggal Anda. Anda perlu menjaga kelembaban tanah dan memberi pupuk pada serai setiap minggu.

Sama seperti peppermint, serai juga bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan cita rasa masakan.

Marigold

Selain efektif mengusir nyamuk, marigold juga bisa memperindah tampilan rumah Anda. Umumnya, marigold memiliki bunga berwarna kuning, putih, atau emas. Cobalah untuk membiarkan tanahnya sedikit kering sebelum Anda kembali menyiramnya.

Lavender

Lavender termasuk salah satu bunga pengusir nyamuk.

Lavender adalah bunga pengusir nyamuk yang sudah cukup terkenal. Mengutip dari Bobvila.com, tanaman lavender membutuhkan tanah kering dan cahaya matahari penuh. Selain mengusir nyamuk, aroma jenis tanaman itu juga mampu membuat Anda rileks.

Baca Juga: Musim hujan tiba, ini cara mengusir nyamuk yang bermunculan

Peppermint

Bunga pengusir nyamuk lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah peppermint. Aroma yang keluar dari tanaman itu tidak disukai nyamuk, jadi nyamuk enggan berada di sekitar rumah Anda.

Selain mengusir nyamuk, peppermint juga bisa Anda manfaatkan untuk diolah menjadi berbagai hidangan, lo. Anda bisa mencampur peppermint pada minuman supaya terasa lebih segar atau mencampurnya pada salad.

Untuk merawat peppermint, Anda perlu menyiramnya secara rutin supaya tanahnya tidak kering.

Dari beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk tersebut, mana yang jadi pilihan Anda? Selain menanam bunga-bunga itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan supaya tak ada sarang nyamuk di sekitar rumah Anda.

Selanjutnya: Inilah cara mencegah demam berdarah, gejala, dan penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru