Mulai Bersihkan Usus dengan 4 Cara Alami, Jangan Tunggu Sakit!

Kamis, 28 April 2022 | 12:30 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Mulai Bersihkan Usus dengan 4 Cara Alami, Jangan Tunggu Sakit!


KESEHATAN - Salah satu organ yang bekerja dan memiliki peran penting untuk memproses makanan dalam tubuh adalah usus. Makanan yang telah diproses di usus akan menyisakan sisa makanan dan racun yang kemudian dibuang melalui kotoran.

Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan usus. Jangan sampai menunggu tubuh memberikan tanda bahwa usus terlalu kotor dan perlu untuk dibersihkan.

Beberapa cara alami dibawah ini bisa digunakan untuk membantu tubuh membersihkan usus dari racun dan sisa makanan.

Baca Juga: Inilah Penyebab Skizofrenia yang Perlu Anda Ketahui

Probiotik

Laman Health Line juga menyarankan untuk mengkonsumsi probiotik sebagai salah satu cara membersihkan usus. Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang bisa digunakan untuk membantu memperlancar sistem pencernaan.

Contoh probiotik seperti yogurt, kimchi, cuka apel, makanan dan minuman fermentasi lainnya adalah jenis prebiotic baik yang berguna dalam membantu membersihkan racun dan kotoran di usus.

Jus buah dan sayur

Jus buah dan sayur juga sering digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan detox membersihkan usus dari kotoran. Tentu saja jus buah dan sayur yang dimaksud disini adalah jus buah dan sayur yang murni tanpa adanya tambahan pemanis seperti gula atau susu.

Umumnya buah seperti apel dan kulitnya, pir, pisang, lemon, kiwi, anggur, plum, dan persimmon adalah buah yang kerap dijadikan campuran untuk jus buah dan sayur. Sayurnya pun juga beragam bisa menggunakan sawi, bayam, kale, atau pun pokcoy.

Baca Juga: Ingin Rambut Sehat Berkilau? Coba Gunakan Air Mawar Saja, Ini Manfaatnya!

Air garam

Air garam juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan juga membersihkan usus. Air garam memiliki manfaat yang baik untuk membantu memperlancar proses pencernaan dalam usus.

Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah, cukup campurkan 2 sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Konsumsilah air garam ini saat pagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong sebelum makan.

Air putih

Air putih merupakan salah satu minuman alami yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Melansir dari laman Medical News Today, seseorang yang kurang dalam mengkonsumsi air putih akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan.

Hal tersebut merupakan salah satu penyebab makanan mengendap lebih lama dalam usus dan menjadi racun. Selama berada pada proses tersebut usus akan terus mencari supply air yang mengakibatkan kotoran menjadi keras dan kering ketika dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru