Olahraga lari bisa menurunkan berat badan, untuk pemula perhatikan 5 hal ini

Rabu, 02 Juni 2021 | 11:10 WIB Sumber: Kompas.com
Olahraga lari bisa menurunkan berat badan, untuk pemula perhatikan 5 hal ini


TIPS & TRIK - Jakarta. Kombinasi diet dan olahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Tapi bagi yang baru memulai olahraga untuk menurunkan berat badan, perhatikan sejumlah hal berikut.

Melakukan latihan kardio selalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Meski demikian, jika kita adalah seseorang yang lebih suka berlari untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelumnya, terutama bagi para pemula.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang perlu diperhatikan, simak lima tips bagi pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan berlari sebagai berikut ini.

1. Melakukan pemanasan dan peregangan

Tips pertama bagi pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan olahraga lari adalah melakukan pemanasan dan peregangan. Jangan mulai berlari tanpa pemanasan dan peregangan yang tepat.

Sebab, melakukan pemanasan dan peregangan sebelum berlari dapat membantu otot mengembang dan meningkatkan refleks yang pada gilirannya mencegah cedera. Berbagai jenis latihan peregangan atau pemanasan dapat membantu kita melumasi sendi dan otot-otot.

Baca juga: 5 Langkah menurunkan berat badan dalam 1 minggu dengan aman

2. Hindari makan berlebihan

Tips lain bagi pemula untuk menurunkan berat badan adalah jangan makan berlebihan sebelum berolahraga. Jangan makan berlebihan sebelum berlari, meskipun kita mungkin berpikir bahwa berlari akan membantu mencerna makanan.

Saat berlari, darah mengalir ke otot rangka yang membantu kita berlari, sedangkan aliran darah ke sistem pencernaan menurun. Itulah sebabnya tubuh kita tidak dapat mencerna makanan. Hal ini pada gilirannya dapat memicu peradangan, menyebabkan kram, dan rasa sakit yang parah pada tubuh.

3. Pakai sepatu lari yang tepat

Jika kita adalah seorang pelari atau pemula yang ingin berlari untuk menurunkan berat badan, maka kita harus memiliki sepasang sepatu lari yang tepat. Menggunakan sepatu lari yang bagus tidak hanya akan mencegah segala bentuk cedera, tetapi juga membuat lari kita lebih lancar dan konsisten.

Sepasang sepatu yang bagus membantu mengatur dampak yang bergerak ke atas kaki saat kaki kita menyentuh tanah.

Simak tips lain untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru