Pakai bahan alami, inilah 4 cara menghilangkan bau kaki

Selasa, 08 Juni 2021 | 08:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, inilah 4 cara menghilangkan bau kaki

ILUSTRASI. Berbagai macam bahan alami bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan bau kaki./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bau kaki memang tidak membahayakan kesehatan Anda. Namun, masalah itu bisa membuat Anda tidak nyaman. Apalagi saat melakukan kegiatan bersama banyak orang. Jika Anda mengalami masalah itu, ada berbagai macam cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba.

The Healthy (thehealthy.com) mengatakan bahwa bau kaki muncul akibat kombinasi keringat dan bakteri. Makanya, bau kaki lebih mudah muncul setelah Anda olahraga atau melakukan kegiatan fisik yang lain. 

Ada banyak produk penghilang bau kaki yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada bahan-bahan alami di sekitar Anda. Selain mudah didapat, harganya juga cukup terjangkau.

Minyak Lavender

Cara menghilangkan bau kaki pertama yang perlu Anda coba adalah dengan memanfaatkan minyak lavender. Selain memiliki aroma yang harum, minyak lavender juga efektif membunuh bakteri sehingga bau kaki lebih cepat pergi.

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, gosokkan minyak lavender di seluruh area kaki sebelum tidur di malam hari. Jangan lupa untuk memakai kaos kaki supaya efeknya lebih maksimal.

Baca Juga: Cara alami tanpa obat untuk menghilangkan bau keputihan

Epsom Salt

Epsom salt atau garam inggris adalah salah satu bahan yang bisa menghilangkan bau kaki karena mampu membunuh bakteri. Caranya, camppur 2 gelas epsom salt dan satu galon air hangat dalam sebuah wadah. Rendam kaki Anda dalam campuran tersebut dua kali sehari, masing-masing selama 15 menit.

Black Tea

Bahan alami selanjutnya yang mampu menghilangkan bau kaki adalah black tea atau teh hitam. Mengutip dari The Healthy, black tea mampu menurunkan produksi keringat sehingga kondisi kaki bisa tetap kering. Selain itu, asam tanat dalam black tea pun dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki.

Anda perlu merebus dua kantung black tea dalam 1 L air selama 15 menit terlebih dahulu. Selanjutnya, buang kantung teh dan encerkan rebusan air teh itu dengan 2 L air. Setelah air lebih dingin, rendam kaki dalam air tersebut selama 15 hingga 30 menit.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bau mulut ini efektif, apa saja?

Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memakai cuka apel. Antimikroba yang terkandung dalam cuka apel efektif membunuh bakteri sehingga bau kaki dapat berkurang. Anda hanya perlu merendam kaki dalam wadah yang berisi air hangat dan 1/3 gelas cuka apel.

Selanjutnya: 4 Bahan ini bisa dijadikan cara menghilangkan bau badan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru