Penyebab serta cara mengatasi HP lemot tanpa perlu ke tempat service

Minggu, 01 Agustus 2021 | 09:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penyebab serta cara mengatasi HP lemot tanpa perlu ke tempat service

KONTAN.CO.ID - Anda bisa mengatasi Handphone atau HP yang lemot tanpa perlu pergi ke tempat service handphone setelah tahu penyebabnya.

Situasi ini tentu membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas penting seperti belajar online atau berkirim pesan dengan orang lain. 

Solusi yang biasa diambil kala Android lemot adalah membawanya ke tempat service handphone atau membeli ponsel pintar yang baru. 

Melansir laman Institut Teknologi Batam atau Iteba, Anda tidak perlu terburu-buru membeli handphone baru jika Android lemot

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kinerja ponsel pintar menjadi melambat. Kemungkinan yang pertama adalah terlalu banyak aplikasi yang menghabiskan memori handphone.

Jika kapasitas RAM pada smartphone sudah melebihi batas, sebaiknya jangan membuka aplikasi berat bersamaan. Faktor selanjutnya yang membuat ponsel lelet adalah membuka aplikasi terlalu banyak. 

Baca Juga: Ini materi serta passing grade SKD CPNS 2021: TIU, TWK, dan TKP

Tips mengatasi handphone Android yang lemot

Setelah tahu faktor penyebab handphone Android Anda lemot, berikut ini tips dari Iteba untuk mengatasinya tanpa perlu meminta bantuan ahli reparasi ponsel. 

  • Menghapus aplikasi 

Terlalu banyak aplikasi terutama yang memiliki ukuran yang besar membuat smartphone bekerja lebih lambat. Ukuran dan jumlah aplikasi yang banyak membuat memori Android menjadi penuh. 

Agar kinerja handphone lebih lancar dan tidak lelet, sebaiknya hapus aplikasi yang tidak terpakai dan menghabiskan memori. 

  • Melakukan pembaharuan berkala

Sistem operasi handphone perlu diperbaharui secara berkala untuk menghindari terjadinya lag atau ponsel bekerja lambat. 

Untuk melakukan pembaharuan sistem atau update sistem, Anda bisa melakukannya dengan cara masuk dalam setting, kemudian buka about device

Selanjutnya pilih software update lalu klik check for updates untuk melakukan pembaharuan sistem operasi ponsel. 

Baca Juga: Ingin kerja di pertambangan? Simak info lowongan kerja buat semua jurusan ini

  • Restart Android 

Cara selanjutnya untuk mengatasi Andoid yang lemot adalah dengan melakukan reset ponsel atau factory reset

Dengan melakukan factory reset, data-data pada smartphone akan dibersihkan sehingga ponsel bekerja lebih cepat. Sebelum melakukan reset, pastikan Anda sudah menyimpan dan melakukan backup data. 

  • Menghentikan aplikasi yang boros baterai

Agar handphone bisa bekerja lebih cepat, hentikan aplikasi yang boros baterai. Untuk melihat penggunaan baterai, Anda bisa melihatnya di bagian setting pada Android. 

  • Membersihkan cache aplikasi

Tips mengatasi handphone Andoid yang lemot berikutnya adalah membersihkan cacheCache merupakan file untuk menyimpan data dari aplikasi.

Cara membersihkan file ini cukup mudah yaitu dengan melihatnya di setting kemudian pilih storage usage. Hapus data cache yang besar agar kinerja handphone bisa lebih cepat.

Selanjutnya: Cara mengajukan sanggahan hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2021

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru