Rundown Acara 1 Abad NU di Sidoarjo 2023, Logo, Lengkap dengan Ucapan Selamatnya

Selasa, 07 Februari 2023 | 10:44 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Rundown Acara 1 Abad NU di Sidoarjo 2023, Logo, Lengkap dengan Ucapan Selamatnya

ILUSTRASI. Logo 1 Abad NU 2023 dan Rundown Acara 1 Abad NU di Sidoarjo 2023.


AGAMA DAN KEPERCAYAAN - Perayaan Puncak 1 Abad NU di Sidoarjo akan mulai digelar pada hari ini, Selasa (7/2/2023). Nah, untuk memeriahkan rangkaian acara 1 Abad NU maka berikut adalah rundown acara 1 abad NU di Sidoarjo 2023. 

Dikutip dari laman NU Online, acara Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU akan dimulai pukul 00.00 dini hari Selasa (7/2/2023) hingga pukul 00.00 WIB di hari berikutnya, Rabu (8/2/2023). 

Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi masyarakat Islam terbesar yang didirikan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari dan para ulama lain di Surabaya, Jawa Timur. NU didirikan pada 31 Januari 1926 M atau bertepatan dengan 16 Rajab 1344 H. 

Baca Juga: 42 Link Download 1 Abad NU Sidoarjo 2023 dan Logonya

Untuk itu, menurut penanggalan Qamariyah atau Hijriah, NU saat ini tengah memasuki usia 100 tahun atau 1 abad. PBNU pun mengangkat tema'Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru'. 

Pilihan tema itu didasarkan pada hadits Rasulullah saw tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad. Selain itu, PBNU juga meluncurkan logo peringatan 1 Abad NU sekaligus Kick Off Peringatan Harlah 1 Abad NU pada 20 Juni 2022 lalu. 

Logo ini didesain dengan kandungan makna yang sangat mendalam dan sejalan dengan tema peringatan Harlah 1 Abad NU. Lantas, seperti apa logo 1 abad NU 2023 dan rundown acara 1 abad NU di Sidoarjo 2023?

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Satu Abad NU 2023 untuk Perayaan Harlah Nahdlatul Ulama

Rundown acara 1 abad NU di Sidoarjo 2023

1 abad nu 2023 sidoarjo

Dirangkum dari laman NU Online jadwal cara 1 abad NU 2023 di Sidoarjo akan berlangsung selama 24 jam dan secara sederhana akan dibagi menjadi lima segmen. 

Pertama, segmen ritual NU sesuai adat, bagi menjadi lima segmen. Pertama adalah segmen ritual NU sesuai adat, dimulai jam 12 malam sampai jam 7.30 pagi.

Selanjutnya, dikutip dari laman NU Online dan Kompas.com (6/2/2023), berikut jadwal acara 1 abad NU di Sidoarjo: 

Baca Juga: 100 Link Download Twibbon Milad NU 2023, Lengkap dengan Tema dan Logonya

Pukul 00.00-04.00 WIB: 

  • Lailatul Qiroah bersama Habib Syech Said Agil Husin Al Munawar. 
  • Pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Jaelani dipimpin oleh Maulana Syeikh As-Syarif Prof. Dr. Muhammad Fadhil Al-Jailani. 
  • Qiyamul Lail, pembacaan Rotib Al-Attas dan Asmaul Husna yang akan dipimpin oleh KHR Ahmad Azaim Ibrahmy dan Al Habib Lutfi bin Ahmad Al-Attas.
  • Berikutnya ada ijazah kubro oleh Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Pukul 04.00-05.00 WIB:

  • Shalat Shubuh berjamaah dipimpin oleh KH Hasanuddin Sinaga.

Baca Juga: Menuju Puncak Acara, Ini Kumpulan Twibbon Satu Abad NU Sidoarjo 2023 Terbaru

Pukul 05.00-07.00 WIB: 

  • Selawatan bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. 

Pukul 07.00-11.00 WIB:

  • Resepsi yang akan dihadiri oleh Presiden RI dan ulama sedunia, acara ini diawali dengan pembacaan Istighotsah di dalam Stadion Gelora Delta Sidoarjo.
  • Lalu, disambung dengan pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan pemukulan bedug digital sebagai pertanda memasuki abad kedua NU.
  • Berikutnya, akan ada acara hiburan qasidah dari beberapa grup musik yang sudah populer di Jatim. Lalu, orchestra terbesar dalam panggung Indonesia, serta lantunan Shalawat Asyghil yang akan dibawakan oleh tiga orang santri pemenang lomba video yang digelar PBNU beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 5 Universitas tertua di dunia

Pukul 14.00-17.00 WIB

  • Penampilan karnaval nusantara dengan diiringi oleh penampilan kolosal ribuan Banser dan dibelakangnya diikuti tarian sufi serta tarian-tarian nusantara. Dimulai dari Alun-alun Sidoarjo dan finish di Parkir Timur Stadion Gelora Delta.
  • Segmen ini akan ditutup dengan happening art sticky note doa harapan untuk NUAbad kedua.

Pukul 18.00-23.00 WIB:

  • Hiburan rakyat, pada malam harinya akan ada panggung hiburan rakyat di dalam Stadion Gelora Delta dan diisi oleh tiga grup band yang akan mewakili tiga lapisan masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya, yakni Maher Zain, SLANK dan Rhoma Irama.

Pukul 23.00-23.55 WIB:

  • Bazaar UMKM hingga kuliner nusantara di area parkir timur Stadion Delta Sidoarjo dan enam lokasi lainnya.

Baca Juga: 4 Kitab-kitab Allah dan Nabi penerimanya, dari kitab Taurat hingga Al-Quran

Logo 1 Abad NU 2023 di Sidoarjo 

Logo 1 Abad NU 2023

Dirangkum dari laman NU Online, Logo ini dibentuk oleh konfigurasi angka 1 berwarna hijau dan stilisasi angka 2 berbentuk pita berwarna keemasan yang memberi nuansa selebrasi.

Angka 1 berwarna hijau menunjukkan seabad kiprah NU dalam menegakkan diri sebagai organisasi umat Islam terbesar. 

Sementara bentuk pita memberi kesan gerakan yang tumbuh, sedangkan melingkupi angka 1 melambangkan visi dan proyeksi NU untuk mendigdayakan NU dalam menjemput abad keduanya dengan kebangkitan baru sebagaimana tema yang diangkat.

Adapun warna emas pada pita mencerminkan optimisme dan melambangkan visi mulia yang hendak diraih. Anda dapat mengunduh logo satu abad NU di link ini. Sementara untuk mengunduh logo 1 abad NU PNG bisa di-link berikut ini. 

Baca Juga: Cerita pilu ibukota India: Kerusuhan bikin hubungan Hindu-Muslim makin tercerai berai

Kumpulan ucapan Satu Abad NU 2023:

1 Abad NU 2023

Selanjutnya, berikut adalah kumpulan ucapan satu abad NU 2023 di Sidoarjo:

  1. Selamat Harlah NU ke-100 tahun. Semoga Nahdlatul Ulama menjadi organisasi Islam terdepan dalam mengabarkan semangat perdamaian.
  2. Selamat satu abad NU! Semoga momen ini bisa menjadi kebangkitan baru dalam meneruskan cita-cita dan harapan yang bersifat keagamaan, kemasyarakatan, maupun kemanusiaan.
  3. Selamat Harlah NU ke-100 tahun. Mari kuatkan niat dan bulatkan tekad dalam terus menebar amal kebaikan kapanpun dan dimanapun.
  4. Selamat satu abad NU! Jadikanlah momentum ini sebagai renungan untuk bisa berbuat kebaikan yang lebih banyak untuk satu abad berikutnya.
  5. Selamat menyambut abad baru Nahdlatul Ulama. Semoga ke depannya NU bisa menjadi organisasi yang senantiasa menebar kebaikan pada sesama.
  6. Selamat Harlah 100 Tahun Nahdlatul Ulama. Terima kasih kepada para ulama pendahulu dalam menjalankan misi dakwah demi kemajuan umat.
  7. Selamat menempuh satu abad bagi NU dalam menjalankan misi berdakwah, semoga senantiasa menjadi organisasi yang memberikan pencerahan.
  8. Selamat Harlah NU! Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan senantiasa memberikan ridho-Nya dalam menciptakan kesejahteraan umat.
  9. Selamat harlah satu abad NU. Tebarkan selalu misi dakwah dan perdamaian, tunjukkan pada dunia bahwa Islam agama yang penuh dengan cinta.
  10. Selamat menyambut babak baru setelah satu abad NU. Tetap berpegang teguh dalam menyatukan prinsip keislaman dan kebangsaan.
  11. Selamat menempuh usia ke-100 tahun Nahdlatul Ulama. Semoga satu abad berikutnya NU akan tetap menjadi organisasi yang menyatukan umat dan membangun kekuatan.
  12. Alhamdulillah satu abad sudah NU berdiri, api semangat meneruskan dakwah tidak padam sampai di sini. Tapi akan berlanjut sampai satu abad berikutnya.
  13. Semoga NU semakin berkembang dan bisa mempersatukan umat. Selamat Harlah NU ke-100 tahun!
  14. Selamat satu abad NU! Semoga Nahdlatul Ulama senantiasa menjadi organisasi yang diridhoi Allah SWT.
  15. Semoga dalam peringatan satu abad NU ini, umat Islam bisa bersatu dan menebar pesan perdamaian bersama-sama.
  16. Satu abad NU bukan sekedar hari jadi, melainkan momentum untuk meneruskan perjuangan dakwah dan mempersatukan umat.
  17. Selamat Harlah NU! Semoga akan selalu menjadi organisasi yang memperjuangkan kesejahteraan umat.
  18. Semoga NU bisa selalu terdepan dalam menyebarkan pesan perdamaian di negeri ini.
  19. Harlah NU, satu abad NU, momentum penting bagi kita semua menuju kebangkitan baru dalam menjadi organisasi Islam yang bermartabat.
  20. Selamat satu abad NU. Semoga ke depannya umat Islam bisa senantiasa bersatu dalam ketaqwaan.

Nah, itulah rundown acara 1 abad NU di Sidoarjo, logo 1 abad NU 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru