Selain Kembang Kol, Ini Sayuran untuk Menurunkan Kreatinin

Rabu, 15 Februari 2023 | 11:33 WIB Sumber: Kompas.com
Selain Kembang Kol, Ini Sayuran untuk Menurunkan Kreatinin


KESEHATAN - Pernah mendengar tentang kreatini? Kreatinina atau kreatinin adalah senyawa kimia sisa metabolisme penguraian otot yang terdapat dalam darah. 

Dikutip dari Mayo Clinic, ginjal yang sehat akan menyaring kreatinin dari darah. Oleh karena itu, kadar kreatinin tinggi dalam darah turut mengukur seberapa baik ginjal menyaring limbah. 

Setelah tersaring oleh ginjal, kreatinin yang merupakan limbah ini akan keluar dari tubuh melalui urine. Biasanya, tenaga kesehatan akan mengecek darah dan urine untuk pemeriksaan kreatinin. 

Kadar kreatinin normal sendiri tergantung pada usia, jenis kelamin, dan ukuran tubuh. Bisa jadi tanda masalah pada organ ginjal, kreatinin tinggi dapat diturunkan dengan mengonsumsi beberapa makanan, termasuk sayuran. 

Lantas, apa saja sayuran penurun kreatinin? 

5 Sayuran penurun kreatinin 

Menurut Healthline, penelitian menunjukkan penurunan kadar kreatinin pada orang dengan penyakit ginjal kronis yang meningkatkan asupan serat. Serat sendiri bisa ditemukan di banyak makanan, termasuk sayuran, buah, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. 

Sementara itu, pada penderita penyakit ginjal, makanan dengan kandungan seperti natrium, kalium, dan fosfor juga sebaiknya dibatasi. 

Baca Juga: 4 Penyebab Munculnya Asam Urat di Tangan & Cara Mengobatinya

Berikut sejumlah sayuran berserat yang membantu menurunkan kreatinin dan menyehatkan ginjal: 

1. Arugula 

Sayuran sehat seperti bayam dan kangkung mengandung kalium tinggi, sehingga sulit untuk dimasukkan dalam kategori sayuran penurun kreatinin dan bagus untuk ginjal. 

Kendati demikian, arugula adalah sayuran padat nutrisi yang rendah kalium, sehingga cocok dimakan orang dengan masalah kreatinin. Sayuran ini juga kaya akan vitamin K, serta mineral berupa mangan dan kalsium. 

Tak hanya itu, daun hijaunya pun mengandung nitrat yang turut membantu menurunkan tekanan darah. 

Satu cangkir arugula dengan berat 20 gram sendiri mengandung: 

- Natrium: 6 mg 
- Kalium: 74 mg 
- Fosfor: 10 mg. 

Baca Juga: Cara Mengenali Penyakit Batu Ginjal Sejak Awal, Kenali Dari Ciri-Ciri Berikut

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru