Simak! 4 Makanan yang Dapat Dijadikan Opsi Bagi Penderita Diabetes

Rabu, 08 Juni 2022 | 15:35 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak! 4 Makanan yang Dapat Dijadikan Opsi Bagi Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Makanan untuk penderita diabetes.


KESEHATAN - Jakarta. Menjaga asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah yang penting untuk dilakukan khususnya bagi penderita diabetes. Pasalnya, dengan menjaga asupan makanan dapat membantu membuat kondisi diabetes yang diidap menjadi lebih baik. 

Tak hanya menurunkan risiko diabetes, mengkonsumsi makanan yang juga dapat terhindar dari penyakit berbahaya. Contohnya, seperti jumlah gula darah, tekanan darah, kolesterol hingga berat badan sekalipun. 

Menjaga asupan makanan yang dimaksud juga tidak hanya mengkonsumsi makanan sehat yang dapat dikonsumsi penderita diabetes. Melainkan juga menghindari makanan yang mengandung banyak gula atau garam serta makanan yang berisiko memburuk kondisi diabetes Anda. 

Baca Juga: 5 Penyebab Migrain yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Melansir dari Diabetes UK, berikut beberapa makanan yang dapat dijadikan opsi bagi penderita diabetes:

Perbanyak Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Memperbanyam makan sayuran dan buah-buah tentu sangat baik untuk kesehatan termasuk bagi penderita diabetes. Pasalnya, tubuh membutuh banyak nutrisi yang berasal dari sayur atau buah. 

Selain memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan penderita diabetes, buah sayur juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pilihlah berbagI jenis sayur dan buah yang mempunyI banyak vitamin.

Memilih Lemak yang Tepat

Rasanya makanan berlemak adalah salah satu makanan yang perlu diwaspadai. Hal tersebut dikarenakan dapat memicu munculnya penyakit berbahaya, apalagi bagi penderita diabetes. Cobalh untuk mengkonsumsi lemak yang tepat seperti minyak tak jenuh, minyak zaitun dan lain-lain. 

Baca Juga: YTMP3: Situs Download Video YouTube Gratis Terbaru, Simak Cara Unduhnya

Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat

Makanan yang dapat dikonsumsi penderita diabetes selanjutnya yaitu disarankan untun mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sehat. Contohnya seperti, brown rice, oatmeal, yogurt dan masih banyak lagi. Serta hindarilah makanan-makanan yang mengandung gula tinggi. 

Membatasi atau Berhenti Minum Alkohol

Tak berhenti sampai disitu, membatasi atau berhenti minum alkohol adalah salah satu cara menjaga asupan makanan bagi penderita diabetes. Hal tersebut harus sudah menjadi pengetahun yang bisa Anda laksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru