14 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumah dengan Bahan Alami

Senin, 13 Juni 2022 | 11:44 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
14 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumah dengan Bahan Alami

ILUSTRASI. Cara Mengusir Cicak


TIPS & TRIK - Cara mengusir cicak dari rumah bisa menggunakan bahan-bahan alami yang dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Lantas, bagaimana cara mengusir cicak dari rumah? 

Cicak adalah hewan melata yang suka membuang kotoran sembarangan di rumah. Hal ini terkadang membuat pemilik rumah jijik dan harus sering-sering membersihkan kotoran tersebut. 

Selain itu, sebagian orang juga merasa geli dan jijik dengan keberadaan cicak. Untuk itu, jika di rumah Anda banyak cicak, sebaiknya ketahui cara mengusir cicak dari rumah.

Lalu, bagaimana cara mengusir cicak dari rumah? 

Baca Juga: Ingin Tahu Apakah Kucing Peliharaan Menyukaimu? Ini Tanda-Tandanya

Cara mengusir cicak dari rumah 

Cara mengusir cicak

Dikutip dari laman Parenting First Cry, berikut cara mengusir cicak dari rumah yang ampuh dengan menggunakan bahan-bahan alami:

1. Kopi

Cara mengusir cicak dari rumah yang pertama adalah menggunakan kopi bubuk kopi. Cicak tidak suka dengan aroma kopi sehingga Anda dapat menaburkan bubuk kopi di beberapa titik di rumah yang seringkali dihinggapi cicak. 

Agar aroma semakin kuat, Anda dapat mencampurkan bubuk kopi dan bubuk tembakau untuk mengusir cicak dari rumah.

2. Tembakau 

Selanjutnya, cara mengusir cicak juga bisa menggunakan tembakau atau minyak beraroma tembakau. Tembakau bisa berfungsi sebagai racun bagi cicak. 

Anda dapat mengoleskan minyak tembakau di perabotan rumah atau di tirai jendela. 

Baca Juga: Ikuti 4 Cara untuk Mengusir Cicak Secara Efektif Ini, Salah Satunya Pakai Lada Hitam

3. Kapur barus 

Cara mengusir cicak juga bisa menggunakan kapur barus. Tempatkan beberapa kapur barus di laci, lemari, atau sudut rumah. Sebab, cicak membenci aroma kapur barus yang menyengat dan menjauh dari aroma tersebut. 

4. Semprotan lada 

Kemudian, Anda bisa menggunakan lada untuk cara mengusir cicak dari rumah. Aduk lada bubuk dalam air dan semprotkan di sekitar rumah Anda atau saat ada cicak. 

Cicak alergi terhadap lada dan akan menjauhinya karena dapat membuat mereka iritasi. 

5. Air dingin

Cicak menyukai kehangatan dan terutama ditemukan di tempat yang hangat. Sehingga, cara mengusir cicak dari rumah adalah dengan memercikkan air dingin ke cicak, yang membuatnya sulit bergerak. Hal ini membuat Anda dengan mudah menangkap dan membuangnya. 

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Kucing Menyukai Pemiliknya

6. Kulit telur

Cara mengusir cicak

Cangkang telur memiliki bau menyengat yang dibenci cicak. Cangkang telur memberi kesan bahwa ada makhluk yang lebih besar di dekatnya dan menimbulkan rasa takut terhadap cicak. Sehingga, cara mengusir cicak yakni Anda dapat menempatkan cangkang telur di tempat biasa munculnya cicak. 

7. Bawang merah 

Cara mengusir cicak dari rumah yakni dapat menggunakan bawang merah. Sulfur dalam bawang mengeluarkan bau menyengat yang tidak bisa ditoleransi oleh cicak. 

Anda dapat memotong beberapa irisan bawang merah dan menyimpannya di sekitar rumah atau mencampur bawang dengan air dan menyemprotkannya.

8. Bawang putih

Kemudian, cara mengusir cicak dari rumah yakni dengan meletakkan bawang putih di sekitar rumah. Sebab, bau menyengat dan kuat dari bawang putih akan mencegah cicak masuk ke dalam rumah. 

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan bawang putih dengan air dan menyemprotkannya untuk efek yang sama.

Baca Juga: 9 Cara mengusir tokek di rumah secara alami

9. Kertas lem lengket

Cara mengusir cicak dari rumah bisa menggunakan kertas lem lengket pembunuh serangga. Tempelkan beberapa kertas ini di dinding, dan Anda akan menemukan beberapa cicak terjebak pada perekat.

10. Serai

Cara mengusir cicak

Cara mengusir cicak juga bisa menggunakan serai. Aroma serai adalah pilihan yang bagus untuk mengusir cicak sekaligus menjaga rumah Anda tetap harum. Simpan saja beberapa helai serai di sekitar rumah Anda untuk mengusir cicak dari rumah. 

11. Membersihkan setiap celah 

Cicak juga senang bersembunyi di antara celah-celah kecil, kolong meja, atau kolong tempat tidur. Nah, cara mengusir cicak di rumah dengan membersihkan setiap celah yang ada di rumah agar terbebas dari kotoran dan debu.

Jika kolong meja dan kolong tempat tidur dibersihkan secara rutin, maka cicak pun tidak akan betah di tempat tersebut. 

Baca Juga: Ini 6 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Anda

12. Gunakan cairan pemutih 

Dikutip dari Kompas.com (13/3/2022), cara mengusir cicak di rumah dengan menuangkan cairan pemutih pada area yang sering dihinggapi cicak. Cicak membenci aroma bahan kimia yang berasal dari cairan pemutih atau aroma lain yang dianggap dapat berbahaya bagi hewan itu.

13. Melindungi makanan dengan tudung saji 

Makanan yang tidak diberi tudung saji atau penutup bisa tercemar akibat kotoran cicak yang jatuh ke piring, atau diinjak-injak hewan itu. 

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat meletakkan makanan di atas meja makan. Anda bisa menutup makanan menggunakan tudung saji untuk mencegah kotoran cicak masuk ke dalam makanan.

14. Memelihara kucing di dalam rumah

Alternatif lain cara mengusir cicak adalah dengan memelihara kucing. Kucing cenderung menyukai hewan kecil yang bergerak lincah, seperti cicak. 

Cara ini dinilai efektif untuk mengurangi populasi cicak di dalam rumah. Biasanya, kucing akan menangkap dan bermain-main dengan cicak sampai cicak itu mati.

Demikian  cara mengusir cicak yang bisa Anda coba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru