4 Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk atasi rambut rontok

Senin, 17 Mei 2021 | 18:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk atasi rambut rontok


KESEHATAN - JAKARTA. Umumnya, setiap orang mengalami rambut rontok sebanyak 50 hingga 100 helai per hari. Namun, jumlah rambut rontok yang semakin banyak bisa jadi salah satu tanda kesehatan yang tidak sehat. Anda membutuhkan cara mengatasi rambut rontok supaya kesehatan terjaga.

Ada banyak jenis perawatan rambut rontok yang bisa Anda coba. Pertama, ketahui dulu faktor apa saja yang menyebabkan rambut rontok. Beberapa penyebabnya adalah perubahan hormon saat hamil atau menstruasi, stres, menggunakan alat penata rambut yang berlebihan dan lain sebagainya.

Selain mengatasi penyebabnya, rambut rontok juga bisa Anda atasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Namun, usahakan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu, ya. Jika tidak ada iritasi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian beberapa bahan alami ini.

Telur

Mengutip dari Bebeautiful.in, telur bisa dimanfaatkan sebagai obat rambut rontok. Hal itu disebabkan karena kandungan protein yang terkandung dalam telur. Anda hanya perlu mengaplikasikantelur pada rambut yang lembab selama minimal 10 menit. Untuk hasil maksimal, gunakan bahan alami itu satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: Bisa pakai bahan alami, ini 4 cara menebalkan rambut

Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Selain mencegah rambut rontok, lidah buaya juga efektif membersihkan kulit kepala dan membuat rambut tumbuh lebih sehat dan berkilau.

Anda hanya perlu menggosokkan gel lidah buaya pada kulit kepala secara langsung. Diamkan dulu delama 10 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air. Sama seperti memakai telur, Anda bisa menggunakan lidah buaya sebanyak satu kali dalam seminggu.

Bawang Merah

Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai bawang merah.

Bawang merah bisa Anda gunakan sebagai cara agar rambut tidak rontok, lo. Meski memiliki bau menyengat, bahan alami itu efektif meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan melawan infeksi bakteri penyebab rambut rontok.

Pertama, parut bawang merah supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Balurkan ekstrak bawang merah pada kulit kepala memakai kapas. Diamkan dulu selama minimal 20 menit kemudian bilas dengan air hangat dan sampo yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Cari cara meluruskan rambut secara alami? Pakai 7 bahan ini

Cuka Apel

Jika Anda mencari cara mengatasi rambut rontok, Bebeautiful.in merekomendasikan Anda untuk memakai cuka apel. Bahan alami itu bisa membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga minyak alami bisa mengalir dengan lebih lancar.

Setelah Anda mencuci rambut dengan sampo seperti biasa, bilas rambut dengan cuka apel dan air. Anda perlu menggunakan cara merawat rambut rontok itu sebanyak dua kali dalam seminggu. Tujuannya supaya rambut rontok bisa teratasi dengan lebih cepat.

Selanjutnya: 4 Bahan ini efektif jadi cara meluruskan rambut secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru