4 Obat herbal ambeien, mudah Anda dapatkan

Kamis, 03 Juni 2021 | 20:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat herbal ambeien, mudah Anda dapatkan

KONTAN.CO.ID - Wasir atau ambeien merupakan kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus meradang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan mengonsumsi obat herbal ambeien.

Salah satu penyebab ambeien adalah Anda mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Untuk menghindari hal itu, Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan penuh serat.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari buah, sayur, hingga kacang-kacangan.

Selain itu, usahakan untuk minum banyak air putih sehingga tubuh tak dehidrasi. Dengan begitu, sembelit bisa Anda hindari.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan sebagai obat ambeien tradisional.

Es batu

Laman Reader’s Digest Canada merekomendasikan es batu untuk mengobati ambeien. Ambeien terjadi karena pembuluh darah mengalami pembengkakan. Nah, masalah itu bisa diatasi dengan suhu dingin yang keluar dari es batu.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, masukkan beberapa es batu pada kantung plastik lalu balut kantung plastik itu dengan handuk.

Duduklah di atas kantung es batu tersebut selama 20 menit. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari sampai ambeien sembuh.

Baca Juga: Inilah 4 pilihan obat diare dari bahan-bahan alami

Kentang

Kentang bisa digunakan sebagai obat herbal ambeien.

Kentang termasuk obat herbal ambeien selanjutnya yang patut Anda coba. Kandungan dalam jenis umbi-umbian itu mampu menenangkan pembuluh darah yang mengalami inflamasi dengan baik.

Cobalah untuk memakai kentang secara rutin sehingga ambeien bisa sembuh dengan lebih cepat.

Teh

Teh juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal ambeien, lo, apalagi ambeien eksternal. Kandungan dalam teh efektif meredakan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan menstimulasi penggumpalan darah sehingga pendarahan akibat ambeien dapat berkurang.

Anda hanya perlu mengaplikasikan kantung teh basah dan hangat.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat ambeien, bisa dari bahan alami, lo

Air hangat

Obat tradisional ambeien lainnya yang bisa Anda coba adalah air hangat. Reader’s Digest Canada menyebutkan, suhu hangat yang keluar dapat meningkatkan aliran darah sehingga pembuluh darah yang membengkak dapat mereda.

Caranya, masukkan air hangat dalam bak lalu berendamlah dalam bak itu. Jangan lupa untuk mengangkat lutut selama berendam, ya.

Tujuannya agar ambeien bisa sembuh dengan lebih cepat. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menambahkan epsom salt dalam air hangat yang Anda gunakan.

Selanjutnya: 4 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat gatal kulit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru