5 Cara Mudah Meningkatkan Kosentrasi Belajar Anak, Orangtua Perlu Tahu

Kamis, 13 Januari 2022 | 16:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara Mudah Meningkatkan Kosentrasi Belajar Anak, Orangtua Perlu Tahu

ILUSTRASI. 5 Cara Mudah Meningkatkan Kosentrasi Belajar Anak, Orangtua Perlu Tahu.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Susah berkonsentrasi menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi anak saat belajar. Agar konsentrasi buah ati meningkat, orangtua bisa menerapkan cara-cara berikut ini. 

Melansir dari Healthline, 47% waktu Anda tersita untuk memikirkan hal yang bukan tugas utama. Hal ini juga terjadi pada anak-anak.

Gangguan konsentrasi terutama pada anak bisa menimbulkan pengaruh negatif, dapat mengganggu performa anak di sekolah. Mereka juga bisa kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. 

Anak bisa kesulitan menangkap informasi secara detail. Tidak jarang gangguan konsentrasi juga berpengaruh pada cara berkomunikasi. 

Namun demikian, Anda bisa melatih konsentrasi anak agar meningkat. Simak cara meningkatkan konsentrasi anak yang dihimpun dari Lifehack dan Edutopia.

Baca Juga: Cara Membuat Password Baru Akun LTMPT 2022 jika Lupa Kata Sandi

  • Mengubah cara belajar

Banyak anak yang susah berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu seperti belajar atau mengerjakan tugas. Namun, mereka bisa betah bermain selama berjam-jam. 

Jika Anda ingin anak lebih fokus, cobalah untuk merubah cara belajar. Jika awalnya anak diharuskan belajar selama lebih dari 30 menit, ubah cara lama tersebut.

Modifikasi pelajaran agar lebih menarik untuk anak. Selingi dengan permainan sederhana saat mereka belajar agar anak tidak bosan. 

  • Ajak anak untuk beraktivitas fisik

Berikan jeda waktu diantara belajar dan ajak anak untuk beraktivitas fisik. Anda bisa memberikan kegiatan seperti menari atau bermain di luar di sela-sela belajar. 

Tubuh akan lebih segar setelah beraktifitas fisik sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Pastikan juga anak selalu terhidrasi. Penuhi asupan air anak agar mereka tetap fokus. 

Kekurangan cairan bisa berpengaruh pada konsentrasi. Sulit untuk fokus bisa menjadi tanda tubuh kekurangan cairan. 

  • Menyingkirkan gangguan

Tidak jarang gangguan seperti tempat pensil yang lucu atau mainan membuat anak sulit berkonsentrasi. Karenanya, Anda perlu menyingkirkan gangguan tersebut.

Saat anak sedang belajar, pastikan tidak ada benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi mereka. 

Sebaiknya Anda memisah antara ruang belajar dengan ruang bermain. Cara ini bisa meminimalisir konsentrasi anak terpecah saat belajar.

Baca Juga: 9 Ciri-Ciri dari Makhluk Hidup yang Berbeda dengan Makhluk Tidak Hidup

  • Bermain permainan yang melibatkan memori

Permainan yang berkaitan dengan memori bisa meningkatkan konsentrasi anak. Permainan tersebut bisa membantu melatih fokus anak dengan cara yang menyenangkan. 

Dengan cara ini, otak anak terbiasa untuk berkonsentrasi dan siap untuk menerima tugas yang menantang. 

Selain melatih otak dengan permainan, jangan lupa perhatikan asupan makan anak. Berikan makanan yang bisa meningkatkan kemampuan otak seperti Omega-3. 

Berikan juga sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Kandungan nutrisi dalam makanan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak anak.

  • Membagi tugas

Memecah tugas bisa menjadi cara untuk meningkatkan konsentrasi anak. Tidak sedikit anak yang kesulitan untuk fokus karena harus belajar banyak hal dalam satu waktu. 

Agar anak bisa lebih fokus, bantu mereka dengan membagi tugas atau materi belajar. 

Cara ini juga memberikan kesempatan beristirahat untuk anak. Efeknya, otak bisa lebih siap untuk menerima informasi setelah satu tugas terselesaikan.

Selanjutnya: Indonesia Allows 37 Coal Ships To Leave As Export Ban Eased

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru