5 Jurus Mencegah Diabetes Sejak Awal, Gampang!

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Jurus Mencegah Diabetes Sejak Awal, Gampang!


KESEHATAN - Setiap orang berpotensi terkena diabetes namun orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes berisiko lebih besar.

Penyakit yang masuk dalam daftar penyakit mematikan di dunia ini merupkana penyakit dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin, yakni hormon pengatur gula darah.

Akibatnya, orang yang terkena diabetes ini gula darahnya tinggi dan bisa terkena komplikasi. Untuk mengatasi diabetes sebenarnya mudah, Anda hanya perlu menjaga gaya hidup sehat.

Dilansir dari Healthline dan Health Focus, inilah beberapa cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang bisa Anda lakukan mulai sekarang, antara lain: 

1. Selektif memilih makanan

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang pertama adalah selektif memilih makanan. Tak ada salahnya untuk memakan makanan favorit namun Anda mesti selektif dalam memilih ya.

Anda mesti membicarakan dengan dokter tentang menu makanan yang cocok jika Anda sedang diet diabetes. 

2. Air putih sebagai minuman utama

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang kedua adalah menjadikan air putih sebagai minuman utama. Hal ini akan membantu Anda mengurangi asupan gula harian.

Minuman manis seperti soda dan jus buah manis dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun pada orang dewasa.

3. Hindari luka

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang ketiga adalah sebisa mungkin menghindari luka. Seorang yang terkena diabetes rentan terhadap luka.

Ini karena pada bagian yang terluka akan susah sembuh, bahkan pada kasus yang parah bisa menyebabkan amputasi. Oleh karena itu, selalu hindari luka dan infeksi.

Triknya dengan menggunakan alas kaki yang nyaman dan selalu berhati-hati agar tidak terluka.

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4. Olahraga teratur

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang keempat adalah olahraga dengan teratur. Olahraga tidak hanya dibutuhkan pengidap diabetes saja tetapi juga semua orang.

Untuk mencegah diabetes, sebaiknya berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari dan jadikan olahraga sebagi kebutuhan.

5. Lindungi mata

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang terakhir adalah melindungi mata. Kadar gula darah tinggi bisa merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan glaukoma dan katarak.

Oleh karena itu, bagi pengidap diabetes sebaiknya melakukan pemeriksaan mata setidaknya sekali dalam setahun.

Itulah beberapa cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang bisa Anda lakukan. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar diabetes dan ingin berbicara langsung dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru