6 Manfaat kunyit untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan

Rabu, 06 Oktober 2021 | 12:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat kunyit untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat kunyit jika mengonsumsinya secara teratur dan dalam porsi yang sesuai.


KESEHATAN - Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan untuk mengolah makanan. Ternyata, bahan alami itu memiliki banyak khasiat, lo. Manfaat kunyit banyak berasal dari curcumin.

Curcumin , kandungan yang membuat kunyit berwarna kuning, berperan sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Artinya, radikal bebas penyebab penyakit dan peradangan dalam tubuh dapat teratasi dengan baik.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen. Namun, tentu saja Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dosis suplemen yang tepat.

Berikut manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan:

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Mengutip dari Everyday Health, curcumin berguna untuk menjaga fungsi pembuluh darah. Alhasil, tekanan darah tubuh Anda menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Ini cara membuat teh kunyit dan jahe yang efektif membersihkan paru-paru

Meredakan gejala osteoartritis

Manfaat kunyit berguna cocok didapatkan oleh penderita osteoartritis. Curcumin dalam kunyit bertugas sebagai antiinflamasi. Nah, antiinflamasi itulah yang mampu meredakan peradangan dalam tubuh. Hasilnya, gejala osteoartritis tak lagi banyak Anda alami.

Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit bisa terjaga termasuk manfaat kunyit.

Ada banyak tips perawatan kulit yang memakai kunyit. Selain mengandung antioksidan dan antiinflamasi, Everyday Health mengatakan, kunyit juga memiliki antibakteri. Saat dipakai di kulit, tentu saja ada banyak masalah kulit yang bisa teratasi.

Mencegah diabetes

Jumlah gula darah yang terlalu tinggi dan sensitivitas insulin yang rendah dapat mengakibatkan munculnya penyakit diabetes. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan tikus obesitas, konsumsi kunyit dapat menurunkan gula darah setelah 16 minggu.

Mencegah kanker

Manfaat kunyit lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis rempah itu mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Lagi-lagi, kemampuan itu datang dari curcumin yang berperan sebagai antiinflamasi.

Baca Juga: Obat sinusitis bisa dari 5 bahan-bahan alami ini, lo

Mengobati depresi

Salah satu manfaat kunyit adalah mengobati depresi.

Selain mengikuti saran pengobatan yang diberikan dokter, salah satu cara mengatasi depresi adalah dengan memanfaatkan kunyit. Jenis rempah itu adalah salah satu antidepresan alami yang memberikan hasil efektif.

Meski mendatangkan banyak manfaat, curcumin tidak mudah terserap tubuh yang mana dapat mengganggu sistem tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsultasikannya dulu ke dokter. Apalagi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: 4 Buah ini efektif menurunkan gula darah, berdasarkan penelitian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru