7 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Ini Bisa Jadi Sumber Energi

Selasa, 18 Januari 2022 | 08:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
7 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Ini Bisa Jadi Sumber Energi

ILUSTRASI. Jagung adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat.


KESEHATAN - JAKARTA. Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat untuk banyak alasan, salah satunya adalah jadi sumber energi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat supaya kesehatan tubuh terjaga.

Selain menjadi sumber energi, masih banyak fungsi lain yang dimiliki karbohidrat. Mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan, fungsi otak, hingga kondisi otot. Tentu saja tubuh yang kekurangan karbohidrat tidak dapat berfungsi secara optimal.

Namun, Anda perlu memilih makanan berkarbohidrat yang benar. Alih-alih mengonsumsi keripik kentang, soda, permen, atau sereal dengan pemanis buatan, Anda bisa memilih sumber karbohidrat lain yang lebih sehat.

Mangga

Mangga juga termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat, lo. Dalam satu gelas mangga, terdapat sekitar 24 g karbohidrat. Selain itu, ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam mangga. Mulai dari serat, vitamin C, kalium, dan vitamin A.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan: Menyehatkan Jantung dan Kurangi Kolesterol

Jagung

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), 100 g jagung mengandung 25 g karbohidrat. Tidak hanya itu, dalam takaran yang sama, Anda bisa mendapat 3.36 g protein, vitamin C, dan jenis nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat, ada manfaat jagung lain yang bisa Anda dapat. Jenis makanan itu mampu menurunkan jumlah gula darah dan tekanan darah Anda. Jadi, cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hipertensi.

Kurma

Kurma termasuk makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain mengandung banyak karbohidrat, jenis buah kering yang identik dengan bulan ramadan ini memiliki banyak serat, vitamin A, kalium, dan fosfor.

Oatmeal

Oatmeal bisa jadi makanan yang mengandung karbohidrat.

Makanan karbo selanjutnya yang perlu Anda konsumsi secara rutin adalah oatmeal. Dalam segelas oatmeal, Anda bisa mendapat 27 g karbohidrat, 5 g protein, dan 4 g serat. Dengan mengonsumsi jenis makanan itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Artinya, keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan berlebih pun dapat berkurang. Cobalah untuk memasukkan oatmeal dalam menu diet sehat Anda. Kombinasikan dengan makanan bergizi lainnya supaya terasa lebih sehat. Tak hanya cocok untuk diet, oatmeal juga sehat untuk jantung.

Baca Juga: Membantu Mengelola Gula Darah, Ini Cara Tepat Konsumsi Okra untuk Penderita Diabetes

Kacang Merah

Jika Anda mencari makanan karbohidrat, kacang merah bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Anda bisa mendapat 21 g karbohidrat, 7 g protein, dan 8 g serat dari mengonsumsi satu gelas kacang merah. Kandungan dalam jenis kacang itu juga efektif mengatasi inflamasi di usus besar.

Nasi Merah

Selain kacang merah, nasi merah juga bisa Anda jadikan sumber karbohidrat. Anda bisa mendapat 36 g karbohidrat dengan mengonsumsi 1 gelas nasi merah. Tidak hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat, nasi merah juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan antioksidan dan nutrisi yang lain.

Pisang

Dalam sebuah pisang berukuran sedang, terdapat sekitar 27 g karbohidrat. Tidak berhenti sampai di situ, pisang adalah salah satu jenis buah dengan kandungan kalium yang banyak. Medical News Today mengatakan bahwa mengonsumsi makanan kaya kalium bisa menurunkan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru